Tips dan informasi seputar masalah kesehatan, kecantikan, diet dan penyakit.

Tips mudah berhenti merokok

by Anthonie E. Pratama , at 6:52 PM , have 54 comments
Tips mudah berhenti merokok
Merokok adalah merupakan salah satu kebiasaan yang sangat sulit untuk dihentikan apalagi bagi mereka yang sudah perokok berat untuk berhenti merokok merupakan hal yang sangat tidak mungkin bahkan ada yang rela menggunakan uangnya untuk membeli rokok daripada membeli makanan, jadi nggak masalah nggak makan daripada nggak merokok hehe...

Sebenarnya sudah banyak peringatan bahkan kampanye anti rokok yang menjelaskan bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan karena dalam rokok terkandung banyak sekali racun yang dapat merusak tubuh bahkan untuk jangka panjang dapat menyebabkan kematian.

Meskipun para perokok sudah tahu akan bahaya merokok namun karena efek dari merokok tidak bisa langsung terlihat sehingga mereka yang biasa merokok tidak begitu peduli dengan akibat yang akan ditimbulkan dari kebiasaan merokok ini.

Namun jika anda memang berniat untuk berhenti merokok tentunya bukan sesuatu yang mustahil asalkan ada kemauan atau niat yang kuat untuk berhenti merokok pastilah kebiasaan merokok bisa dikurangi atau bahkan mungkin berhenti sama sekali, namun semua tergantung dari keputusan kita sendiri seberapa besar kita ingin melepaskan kebiasaan merokok tersebut.

Ada beberapa tips cara sederhana yang mudah dilakukan untuk berhenti merokok yaitu:

1. Cari tahu lebih banyak informasi akan bahaya merokok:
Kebanyakan para perokok hanya tahu akan bahaya merokok dari tulisan yang tercantum di kemasan rokok tersebut misalnya dapat menyebabkan penyakit kanker, penyakit jantung, gangguan kehamilan dan janin, namun karena efeknya yang tidak langsung sehingga tulisan tersebut hanya dianggap angin lalu saja, tapi coba kita untuk mencari lebih banyak informasi akan bahaya dari merokok misalnya dari gambar-gambar di google atau dari video-video  maupun dari informasi-informasi lainnya yang bisa menjelaskan akan bahaya dari merokok, jika kita benar-benar tahu akan akibatnya tentunya kita akan berpikir 1000 kali untuk mengisap rokok.

2. Katakan pada orang lain yang merokok bahwa anda ingin berhenti merokok:
Meskipun dengan cara ini tidak menjamin anda bisa tahan atau tidak tergoda untuk tidak merokok apalagi jika lingkungan atau teman dekat anda tidak mendukung untuk anda berhenti merokok namun paling tidak anda sudah berikrar di antara teman-teman anda bahwa anda berniat untuk berhenti merokok, jika anda tetap teguh pada perkataan anda untuk tidak merokok tentunya ini merupakan langkah awal yang baik meskipun tidak menutup kemungkinan anda akan dicemooh dan diketawakan teman-teman anda, namun jika anda berpikiran ini untuk kebaikan anda sendiri tentunya ejekan tersebut anggaplah sebagai angin lalu saja.

3. Cobalah untuk mengurangi rokok secara perlahan:
Untuk perokok aktif tentunya akan sulit untuk berhenti merokok secara langsung namun anda tidak perlu kuatir anda bisa mencoba untuk disiplin mengurangi rokok misal satu batang setiap bulannya, saat anda satu tahun ke depan anda sudah bisa mengurangi rokok sebanyak 12 batang setiap harinya, ini merupakan sesuatu hal yang baik, jadi kedisiplinan memang perlu untuk dilakukan agar tujuan anda untuk berhenti merokok bisa tercapai dan untuk anda yang baru mencoba merokok sebaiknya anda segera mengurangi kebiasaan meokok ini agar tidak terlalu sulit  untuk berhenti total dari merokok.

4. Carilah kegiatan atau kesibukan yang membuat anda lupa untuk merokok:
Jika anda sudah terbiasa merokok saat anda beristirahat atau sedang tidak melakukan kegiatan apapun mungkin anda bisa mencoba mengalihkan pikiran anda untuk merokok dengan menyibukkan diri anda dengan melakukan kegiatan atau hal-hal yang anda senangi misalnya dengan membaca buku, main game menggunakan hp, atau hal-hal lainnya misalnya melakukan hobi anda jika anda sudah terbiasa melakukan hal seperti ini maka lambat laun kebiasaan merokok anda bisa anda kurangi.

5. Seringlah berkumpul dengan orang yang tidak merokok:
Salah satu penyebab anda tidak bisa berhenti merokok adalah karena lingkungan dimana anda berada banyak yang merokok sehingga sedikit banyak anda akan merasa tergoda dan terdorong untuk kembali merokok, tapi jika anda berada di lingkungan yang sebagian besar tidak merokok maka keinginan anda untuk tidak merokok akan lebih mudah dilakukan.

6. Cobalah mengganti kebiasaan anda merokok dengan mengunyah permen karet:
Saat anda mempunyai keinginan untuk merokok cobalah anda menggantinya dengan misalnya permen karet, permen atau apasaja yang bisa membuat anda melewatkan keinginan untuk merokok.

7. Jangan biasakan mengantongi rokok di saku anda:
Jika anda berniat untuk berhenti merokok sebaiknya jangan pernah anda mencoba membawa rokok di saku anda karena jika rokok selalu anda bawa maka tanpa anda sadari maka anda akan selalu mencoba untuk kembali merokok kembali jadi sebaiknya jauhkan rokok dari dekat anda jika anda hendak pergi keluar sebaiknya tinggalkan rokok anda atau buang agar anda tidak mempunyai kesempatan untuk kembali merokok.

8. Mencoba menghitung berapa banyak uang yang bisa dikumpulkan jika tidak merokok:
Pernahkah anda menghitung pengeluaran anda sehari untuk merokok atau dalam sebulan jika dikumpulkan maka anda akan kaget bahwa anda bisa mengumpulkan banyak uang dengan anda tidak merokok, bayangkan selama beberapa tahun berapa banyak uang yang sudah anda keluarkan untuk membeli rokok jika dihitung-hitung mungkin saja uang tersebut bisa anda gunakan untuk hal-hal yang lebih penting misal membeli rumah.

Itulah tips mudah berhenti merokok yang bisa anda praktekkan terutama untuk anda para perokok aktif karena selain merokok tidak baik untuk kesehatan tubuh tentunya banyak faktor yang merugikan jika anda tetap meneruskan kebiasaan anda merokok, pedulilah dengan orang-orang disekeliling anda yang tidak merokok karena mereka akan sangat terganggu dengan asap rokok yang anda hisap.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel sebelumnya: Gejala penyakit jantung koroner dan tips mengatasinya

Terima kasih telah membaca Artikel Tips mudah berhenti merokok . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Tips mudah berhenti merokok sebagai sumbernya.
Anthonie E. Pratama
Tips mudah berhenti merokok - written by Anthonie E. Pratama , published at 6:52 PM, categorized as Gaya Hidup , Tips Kesehatan . And have 54 comments
Next Older Post






54 comments Add a comment
Elsawati Dewi
saya menghindari rokok karena dampaknya buruk tidak hanya pada kesehatan tapi juga keuangan :D (perokok cenderung lebih boros ketimbang non-perokok)
Anthonie E. Pratama
betul mbak biasanya perokok lebih banyak pengeluarannya jadi memang agak lebih boros jadinya.
Saud Karrysta
Sependapat saya juga dengan Mbak Elsa, Mas Anthonie, Mas Gun
Kalaubisa segera sekarang Berhenti Merokok. kalau bisa hhhh :D
Achmad Fazri
Banyak orang yang termasuk ke dalam ekonomi kelas bawah, tapi selalu merokok... lebih mementingkan rokok daripada makan... hehe
Say no to smoke
Reply Delete
Cilembu thea
buwahahaaa....poin 8 bikin sayamengernyitkan dahi sampe keriput nih...
setelah dihitung, dalam setahun saya bisa ngabisin duit 12 juta hanya untuk rokok...hadeuh banyak juga ya...:o)
Elsawati Dewi
bukannya emang udah keriputan ya? jhehehe
Dede Thea
sayah malah lebih dari 12 juta pertahun Kang Lembu,,,,,
Anthonie E. Pratama
wah lumayan juga yah kalau dihitung-hitung hehe...
Cilembu thea
lumayan ya..bisa buat DP mobilio padahal mah
Dede Thea
kalau di itung-itung sih bisa banget tuh Kang Lembu untuk DP naik Haji hehehe
Cilembu thea
hehe...jadi keingetan bahwa kenapa bukan untuk DP naik Haji aja ya kang, ngapain buat DP Mobilio..ngga banget kan?
Reply Delete
Gunawan Eka Saputra
Saya berkali2 coba brhenti merokok Mas, tapi ga prnah berhasil, moga skarang berhasil nich...
Anthonie E. Pratama
kalau ada niat pasti bisa mas walaupun nggak bisa langsung :)
Reply Delete
Munawir Alfikri
Untuk berhenti merokok memang sangat sulit sekali ya mas.....
Anthonie E. Pratama
tergantung juga mas kalau ada niat pasti bisa kok :)
Reply Delete
Siti Aisah Kusnadi
Kayanya no.5 tu yang paling mantep karena dengan berkumpul bersama orang yang tidak meroko kadang akan membuat kita juga segan / malu meroko sendirian atau lebih bagus sering2 berada diruangan yg bebas asap rokok :) tapi kalau ga ada niat tetep susah si biar gimana juga
Anthonie E. Pratama
betul mbak kalau nggak ada niat sampai kapanpun nggak bakalan bisa berhenti merokok.
Reply Delete
Dede Thea
Ditempat saya kerja diharankan meroko,kalau ketahuan meroko maka gajinya akan dipotong Rp 250,000 / sekali meroko.jadi semua pegawai tidak berani merokok.tapi...............setelah bubaran kantor ditempat parkir kaya ada kebakaran hadeuhhhh jadi ikut-ikutan dech hehehehe
Anthonie E. Pratama
tapi bagus juga sih dengan begitu kebiasaan merokok bisa agak berkurang yah kang hehe...
Dede Thea
Iya Mas tapi yang namanya karyawan tetep saja masih ada yang suka ngumpet-ngumpet di kamar mandi termasuk saya hahaha
Reply Delete
Indra Kusuma Sejati
Tips mudah untuk berhenti meroko yang sangat berguna bagi para peroko yang akan melakukan jauh dari roko nih. Kalau saya baru bisa menguranginya saja Mas. he,, he,,he,,,

Salam
Anthonie E. Pratama
itu sudah langkah awal yang bagus mas :)
Reply Delete
Purnomo Jr
Saya juga lagi baru msk tahap ngurangin dan belajar berenti mas :)
Anthonie E. Pratama
iya mas Bud nggak apa-apa yang penting ada niat untuk mengurangi kebiasaan merokoknya :)
Reply Delete
Nehand Bjn
Maksih mas informasinya,sangat bermanfaat nih buat para perokok2.heheee
Reply Delete
Virlyz Nyzam
wah susah banget mas buat berhenti...tp OKlah ntar bisa ikutin tipsnya..mudah2an berhasil
Reply Delete
Firman Ardyansyah
Untuk sampai saat ini saya belum merokok dan bukan pecandu tapi terimakasih tipsnya mas :)
Reply Delete
Enis Sobanah
banyak juga yah biaya roko kalau dihitung-hitung,mudah-mudahan kaum lelaki pada berhenti meroko,( wanita juga ada sih meroko ) hehe
Kalau bisa berhenti meroko maka dua keuntungan sekaligus didapat yah mas,
1.Duitnya bisa digunakan untuk keperluan lain
2.Badan jadi sehat,and segar bugar
hehehe
Reply Delete
Nandar Sunandar
Kalo menurut saran saya sih mas, makan terong bulat yang mulai kekuningan.. itu cocok banget buat yang pada ngerokok.. ntar toksin2 nya pada keluar...
Reply Delete
Hariyanto Wijoyo
mencari kegiatan dan menyibukkan diri adalah hal yang paling tepat dilakukan saat ingin berhenti merokok...
keep happy blogging always...salam dari Makassar Indonesia :-)
Reply Delete
Beranda Kata
untunglah saya sejak dulu bukan perokok gan
Reply Delete
Abdur rahman
Kalau tidak merokok tidak perlu melakukan tips di atas dong mas, sebab saya tidak merokok. Menurut saya Merokok sama saja membakar uang. Selain itu merokok juga tidak menyehatkan
Reply Delete
Mas Nady
hehehe jujur susah banget mas untuk berhenti merokok kalau belim ada niat dari hati.. kalau cuma niat di bibir saja nggak akan mampu hehehehe
Reply Delete
Toko Enggal Santoso
kebetulan mas,, saya juga perokok berat, tapi coba saya kurangi dengan konsumsi permen.. thnxs informasinya bermanfaat
Reply Delete
Zain Muttaqin
yang penting memang niat yang kuat kang.. klo niat kuat, insya'alloh bisa.. :D
Reply Delete
Saud Karrysta
Salam Mas Anthonie. Apakabarnya semoga baik dan sehat selalu
Lama saya tak berkunjung disini yah Mas..? o yah masalah yang Mas tulis ini
Sampe sekarang saya belum bisa berhenti merokok tapi semoga saja setelah
Baca ni artikel saya dapat pengalaman sehat dari Mas. makasih Mas Ant...
Reply Delete
Andriyatna
susah kalo sudah kecanduan.
bahkan ada malah, orang yang sudah jelas kena sakit jantung dari faktor rokok. tapi tetep aja doyan rokok itu.
Reply Delete
Yahya Doank
Untungnya saya bukan perokok.. hehe
Reply Delete
Saud Karrysta
Maaf Mas Anthonie ini artikel waktu bulan juni 2014 ya Mas. saya baca lagi deh soalnya ada diurutan pertama post blog Mas Anthonie ini salam sehat Mas ;)
Reply Delete
Putri Monalisa
Wah, Informasi Yang Sangat Bagus. Uraian Kata-kata Dari Artikelnya Berkualitas. Terima Kasih Atas Informasinya..
Ide Usaha
Reply Delete
Zakaria Aditri
dulu saya juga perokok gan.. karna nurutin tmen2 yg pada ngerokok semua.. tp sudah 2 bln ini saya gak ngerokok gan... semoga bisa berhenti tital :)
Reply Delete
Salamun Picassa
untung saya tidak merokok, krn dulu saya korban merokok (TBC parah),,
Reply Delete
Salamun Picassa
untung saya tidak merokok, krn dulu saya korban merokok (TBC parah),,
Reply Delete
Daniel Nagata
Saya sudah berhenti merokok 5 tahun yang lalu, caranya sederhana...karena kehabisan stok rokok waktu pulang kampung, semalaman tidak merokok akhirnya berhenti dech merokok....yang penting niat
Reply Delete
Fahri Samudra
Wah, ane rasa tips2 di atas tidak akan bekerja pada ane, karena ane emang nggak ngerokok... Wkwkwk (maaf admiiiiinn.. ampuuunn)
Reply Delete
Muhammad Harrafi Mulki
This comment has been removed by the author.
Delete
Suryosadewo Sadewo
makasih banget infonya gan...... Sukses slalu.
Reply Delete
Iman Lukman NulHakim
Alhamdulillah kang, saya dari kecil tidak pernah merokok :)
Reply Delete
Kang Nurul Iman
Hmmm kalau menurut saya sih brader perokok sejati itu tidak akan takut dengan bahaya dan akibat dari merokok maka percuma walaupun ada gambar di kemasan rokoknya toh tidak ada yang berhenti merekok juga, tapi ini perlu adanya tindakan tegas dari pemerintah untuk mengurangi produksi rokok agar tidak terlalu banyak lagi korban dari rokok.
Reply Delete
Muhammad Harrafi Mulki
This comment has been removed by the author.
Delete
Muhammad Harrafi Mulki
This comment has been removed by the author.
Delete

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel tapi dilarang...
1. Spam
2. Menaruh link aktif dalam komentar
3. Menitipkan url maaf akan dihapus juga
4. Dilarang berjualan disini

Makasih

Cancel Reply
GetID

Berlangganan Via E-mail

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Site Info


DMCA.com


SEO Reports for koesehat.blogspot.com
Copyright ©2013 Koe Sehat by Partner with Rahasia Hidup Sehat
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger