Tips dan informasi seputar masalah kesehatan, kecantikan, diet dan penyakit.

Gejala penyakit jantung koroner dan tips mengatasinya

by Anthonie E. Pratama , at 3:51 AM , have 9 comments
Gejala penyakit jantung koroner dan tips mengatasinya
Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian bahkan penyakit ini merupakan penyebab kematian tertinggi didunia, penyakit jantung koroner biasanya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat sehingga meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung koroner.

Karena begitu tingginya kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner ini maka pemerintah turut mendukung dalam mensosialisasikan pola hidup sehat serta kampanye anti rokok dan mendorong masyarakat untuk lebih aktif melakukan kegiatan berolahraga sehingga sedikit banyak bisa menurunkan resiko kematian karena penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner dapat terjadi karena arteri koroner yang menuju ke jantung mengalami penyempitan oleh karena adanya lemak yang menutupi dinding arteri koroner sehingga menimbulkan penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah koroner sehingga suplai darah ke otot jantung menjadi terhambat dan ini akan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian.

Beberapa faktor penyebab terjadinya penyakit jantung koroner diantaranya:


  • Kebiasaan merokok, rokok mengandung zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan dengan merokok akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung koroner.
  • Stres yang terus-menerus, stres merupakan salah satu gaya hidup yang tidak sehat oleh karena itu sebaiknya hindari faktor penyebab timbulnya stres.
  • Kurang berolahraga, kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti jarang melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung.
  • Makanan tidak sehat, seringnya mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, makanan manis yang tidak sehat, terlalu banyak mengkonsumsi daging, junk food, goreng-gorengan dan lain-lain.
  • Radikal bebas, kita sebaiknya berhati-hati terhadap radikal bebas serta polusi lingkungan yang disebabkan oleh berbagai macam faktor karena dapat juga memicu terjadinya penyakit jantung koroner seperti asap rokok, polusi udara, polusi bahan kimia dan lainnya, oleh karena itu kita sebaiknya sering mengkonsumsi antioksidan untuk menangkal radikal bebas seperti vitamin A, B12, B16, C, E, seng, mineral, selenium, mangan, teh hijau, bawang putih, kedelai, tempe, mengkudu dan masih banyak yang lainnya.


Gejala awal terjadinya penyakit jantung koroner yaitu:


  • Rasa sakit di bagian ulu hati, denyut nadi lemah namun berdetak cepat disertai dengan keluarnya keringat, perut mengalami kembung seperti tanda masuk angin dan seringkali orang Indonesia menyebut gejala ini dengan angin duduk, jadi jika anda mengalami gejala seperti masuk angin sebaiknya waspada karena bisa saja gejala awal dari penyakit jantung koroner.
  • Adanya rasa sakit di sekitar dada dan menjalar ke bagian lengan kiri serta sekitar leher seperti tercekik jika anda mengalami gejala ini sebaiknya segera periksakan ke dokter.
  • Namun ada juga yang mengalami kematian mendadak bagi penderita penyakit jantung koroner karena kurangnya kesempatan untuk melakukan penanganan medis dan pengobatan.


Plak yang menyumbat arteri koroner tidak dapat diatasi hanya dengan obat oleh karena itu diperlukan dua cara untuk mengatasi masalah jantung koroner yaitu:

  1. Dengan cara By Pass, yaitu melakukan pembedahan namun dengan cara ini akan beresiko mengalami komplikasi seperti mengalami pendarahan serta gangguan fungsi ginjal dan tentunya masa perawatan akan menjadi lebih lama.
  2. Dengan cara Stent atau balonisasi, yaitu melakukan tindakan intervensi koroner non bedah lewat kulit, dengan cara ini proses melakukan stent lebih cepat serta resiko terjadinya komplikasi akan lebih rendah dan juga masa perawatan menjadi lebih cepat, namun sayangnya tidak semua penderita penyakit jantung koroner bisa dilakukan dengan cara ini karena biasanya disebabkan oleh kompleksitas penyumbatan yang terlalu keras serta kondisi pembuluh darah yang berkelok-kelok sehingga akan sulit jika dilakukan cara stent ini.


Tips meminimalisir terjadinya penyakit jantung koroner yaitu:


  • Rutin melakukan olahraga.
  • Kurangi kebiasaan merokok dan jika memungkinkan sebaiknya berhenti merokok.
  • Hindari faktor penyebab terjadinya stres serta biasakan untuk menjalani hidup dengan lebih rileks.
  • Melakukan diet rendah kolesterol serta diet lemak jenuh.
  • Pilihlah makanan yang sehat dan bergizi setiap hari seperti sayuran dan buah-buahan.
  • Usahakan menjaga berat badan normal agar tidak terlalu gemuk atau kurus.
  • Untuk penderita diabetes sebaiknya selalu menjaga kadar gula dalam tubuh agar tidak meningkat.
  • Periksakan secara berkala tekanan darah anda.


Itulah artikel mengenai penyakit jantung koroner yang perlu kita waspadai karena jika kurang menjaga pola hidup sehat maka bisa saja penyakit jantung koroner akan menimpa kita, banyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan serta hindari stres, makanan berlemak dan rokok maka kita bisa meminimalisir terjadinya penyakit jantung koroner.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel sebelumnya: Manfaat minum air kelapa untuk kesehatan

Terima kasih telah membaca Artikel Gejala penyakit jantung koroner dan tips mengatasinya . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Gejala penyakit jantung koroner dan tips mengatasinya sebagai sumbernya.
Anthonie E. Pratama
Gejala penyakit jantung koroner dan tips mengatasinya - written by Anthonie E. Pratama , published at 3:51 AM, categorized as Gaya Hidup , Penyakit , Tips Kesehatan . And have 9 comments






9 comments Add a comment
Dhicomp Cibubur
Dengan menjalankan Pola hidup sehat bisa mengurangi Resiko Jantung Koroner. Nice artikel Kang
Reply Delete
Purnomo Jr
banyak yg tau bahkan sudah jelas tertulis peringatan di bungkusnya..bahwasannya rokok dapat membunuh..
tapi masih aja orang byk ketagihan ya mas :)
Reply Delete
Nandar Sunandar
wah terima kasih buat infonya mas :)
Reply Delete
Indra Kusuma Sejati
Gejala penyakit kororner buat kita ngeri Mas.

Salam
Reply Delete
Putri Diniyah
makasih atas informasinya,, sangat bermanfaat :)
Reply Delete
Abdur rahman
Saya bungkus ya mas, siapa tau nanti ada yg membutuhkan tipsnya hehehe :D
Reply Delete
Epul Jaguh
Salam sejahtera tuan tanah.
Thanks for sharing. sakit jantung memang umum tahu penyakit no 1 paling kerap menyerang penduduk negara kita. Apa alasan kita untuk tidak mengambil tahu tentang cara terbaik mencegah sakit jantung? Bertindak sekarang. Amalkan budaya hidup sihat.
huhuhu.
Reply Delete

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel tapi dilarang...
1. Spam
2. Menaruh link aktif dalam komentar
3. Menitipkan url maaf akan dihapus juga
4. Dilarang berjualan disini

Makasih

Cancel Reply
GetID

Berlangganan Via E-mail

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Site Info


DMCA.com


SEO Reports for koesehat.blogspot.com
Copyright ©2013 Koe Sehat by Partner with Rahasia Hidup Sehat
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger