Tips dan informasi seputar masalah kesehatan, kecantikan, diet dan penyakit.

Tips mengatasi mabuk perjalanan

by Unknown , at 1:40 AM , have 41 comments
Tips mengatasi mabuk perjalanan
Mabuk perjalanan
Mabuk perjalanan tentunya sangat mengganggu baik untuk orang yang mengalaminya atau untuk orang-orang yang berada di dekatnya karena jika sampai muntah maka muntahan yang keluar akan sangat menjijikkan dan disertai dengan bau yang tidak sedap, meskipun sudah minum obat anti mabuk kadang masih juga mengalami pusing dan mual bahkan sampai muntah.

Ada sebagian orang yang seringkali mengalami gangguan mabuk perjalanan seperti ini terutama saat berpergian ke daerah lain yang cukup jauh dengan menggunakan kendaraan baik kendaraan darat seperti mobil, bis atau kereta, kendaraan laut seperti kapal laut maupun kendaraan udara seperti pesawat terbang, semua kendaraan tersebut akan membuat sebagian orang dapat mengalami mabuk perjalanan.

Kebiasaan mabuk saat dalam perjalanan jauh menggunakan kendaraan akan membuat sebagian orang ini menjadi malas untuk bepergian, namun jika karena urusan yang sangat penting dan mengharuskan untuk pergi ke suatu daerah tertentu yang mempunyai jarak sangat jauh, lalu bagaimanakah cara untuk mengatasi mabuk perjalanan? Simak ulasannya di bawah ini...

Beberapa tips untuk mengatasi mabuk perjalanan diantaranya:


  • Biasakan makan sebelum melakukan perjalanan, kapanpun anda hendak melakukan perjalanan biasakan untuk selalu makan dulu agar perut tidak manjadi kosong karena jika perut anda kosong maka produksi asam lambung dalam perut anda akan meningkat dan ini akan membuat anda menjadi merasa mual dan ingin muntah namun sebaiknya anda makan secukupnya saja dan jangan berlebihan .
  • Pilih makanan yang tepat, untuk mengurangi rasa mual yang timbul sebaiknya anda mengkonsusmsi minuman seperti air jahe atau air teh yang hangat karena minuman tersebut akan dapat membantu menetralisir dan mengurangi rasa mual yang mungkin timbul saat dalam perjalanan, hindari mengkonsumsi makanan yang berlemak, makanan pedas produk susu, makanan atau minuman yang asam karena dapat memicu timbulnya rasa mual.
  • Buat tubuh anda serileks mungkin, jika anda sering mabuk maka pikiran menjadi tegang karena memikirkan bagaimana jika nanti sampai muntah? Meskipun anda tahu bahwa anda sering mabuk perjalanan hindari terlalu banyak pikiran, posisikan tubuh serileks mungkin dan bersandarlah pada kursi dan buat anda senyaman mungkin sehingga mengurangi timbulnya rasa mual akibat guncangan saat perjalanan.
  • Hindari membaca, jika anda begitu mudah mabuk perjalan sebaiknya hindari membaca buku atau menggunakan hp untuk melihat pesan atau mengirim pesan sms atau hal-hal lainnya karena dengan membaca saat anda bergerak dapat mempercepat anda merasa pusing dan mual, sebaiknya anda alihkan keinginan untuk membaca dengan misalnya mendengarkan musik atu mengobrol.
  • Atur sirkulasi udara saat dalam perjalanan, dengan adanya sirkulasi udara yang cukup saat anda di dalam kendaraan maka membuat anda bisa bernafas dengan baik karena jika tidak maka anda akan menjadi sesak dan ini akan memicu timbulnya rasa mual dan ingin muntah.
  • Pilih posisi duduk yang aman, jika anda bisa memilih tempat duduk sebaiknya pilihlah tempat duduk yang sekiranya tidak membuat anda mudah menjadi mual, misal saat anda naik kapal laut pilihlah tempat duduk yang berada di kabin tengah sehingga saat kapal bergoyang anda akan tetap merasa nyaman, saat naik kereta api pilihlah posisi duduk di dekat jendela agar anda bisa mendapatkan udara segar, dan jika anda menggunakan mobil pilihlah posisi duduk yang dekat dengan sopir untuk menghindari guncangan yang berlebihan hindari duduk di kursi paling belakang karena semakin belakang guncangan akan semakin keras sehingga anda akan lebih cepat merasa pusing dan mual.
  • Menghadap ke depan, saat anda menggunakan kereta api, mobil atau bus pilihlah kursi yang menghadap ke depan karena jika menghadap ke belakang anda akan menjadi pusing sehingga anda akan merasa mual.
  • Usahakan untuk tidur saat dalam perjalanan, atur posisi anda serileks mungkin dan jika memungkinkan tidurlah saat dalam perjalanan karena dengan tidur maka dapat membantu anda mengurangi rasa mual yang mungkin muncul jika perlu bawalah bantal untuk traveling saat anda bepergian agar anda bisa nyaman saat tidur di dalam kendaraan.
  • Gunakan minyak kayu putih, anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih pada perut, leher dan dada anda untuk mengurangi rasa mual yang timbul.
  • Minum obat anti mabuk perjalanan, anda bisa mengantisipasi mabuk perjalanan anda dengan mengkonsumsi obat anti mabuk perjalanan yang banyak beredar di pasaran dan minumlah setengah jam sebelum kendaraan yang anda tumpangi berangkat.
  • Hindari mencium bau wangi-wangian, seperti minyak wangi atau aroma yang menyengat, menghisap asap rokok selama dalam perjalanan juga dapat membuat anda merasa mual.
  • Jika rasa mual sudah tidak tertahankan sebaiknya dimuntahkan, sebelum anda bepergian sebaiknya anda mempersiapkannya kantung plastik yang tidak bocor untuk berjaga-jaga jika saat dalam perjalanan anda ingin muntah, jika memang sudah tidak bisa ditahan sebaiknya dimuntahkan sehingga rasa mual akan menjadi berkurang.


Itulah beberapa tips untuk mengatasi mabuk perjalanan yang mana sangat dibutuhkan oleh mereka yang sering mabuk perjalanan, semoga dengan tips di atas dapat membuat perjalanan anda menjadi lebih nyaman tanpa adanya gangguan rasa pusing atau mual.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel sebelumnya: Faktor penyebab penyakit kanker

Terima kasih telah membaca Artikel Tips mengatasi mabuk perjalanan . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Tips mengatasi mabuk perjalanan sebagai sumbernya.
Tips mengatasi mabuk perjalanan
Tips mengatasi mabuk perjalanan - written by Unknown , published at 1:40 AM, categorized as Tips Kesehatan . And have 41 comments






41 comments Add a comment
Unknown
kalo saya orang yg gak perna mabuk perjalanan gan.. alhamdulilla :)
Unknown
Wah enak yah mas gak ribet kalau pergi-pergi :)
Yudi
Saya jarang mengalami mabuk perjalanan... karena saya juga jarang melakukan perjalanan.. Hehehehe...
Unknown
kalau naik mobil posisi mundur pasti saya mabuk tuh Mas Anthonie
Unknown
iya mas Yudi kalau nggak pergi jauh-jauh nggak bakalan mabuk yah hehe...
iya mas Karysta kalau duduk posisi mundur memang bikin kepala cepat pusing sehingga mudah mabuk saat perjalanan.
Unknown
wah Kang Karrysta naik Bus ko mundur sih hehe,,,,,,
Reply Delete
Almamater Jakarta
kalo menurut saya sih yang paling ampuh ya minum obat anti mabok gan, atau ga kita tidur aja. hehe..
Unknown
Iya mas cara tersebut bisa juga dilakukan untuk mengurangi mabuk perjalanan.
Reply Delete
Unknown
semuanya memang benar, makan dulu sebelum perjalanan, apalagi kalo jauh..
Unknown
Iya mas makan dulu sebelum perjalanan memang sangat penting supaya tidak mudah mabuk perjalanan.
Reply Delete
MANG YONO
saya stuju tuh Mas, makan dulu sebelum melakukan perjalanan
Unknown
betul mang makan dulu sebelum perjalanan memang penting :)
Reply Delete
Atlast
Yang nomor 1 dan 2 itu betul banget, dengan banyak makan terutama makanan-makanan yang baik, tubuh akan menjadi lebih nyamana ketika melakukan perjalanan jauh.
Unknown
betul mas Dzaky memang makan sebelum melakukan perjalanan jauh sangat penting agar tidak mabuk perjalanan.
Reply Delete
Rdk
salam sapa sahabat, dear mas antoni saya minta maaf baru berkunjung,,, karena saya lagi ada pekerjaan jadi beberapa hari kedepan belum bisa BW... terima kasih ya mas atas kunjungan mas keblog saya kemaren,.....
selamat siang mas, o ya maaf OOT
Unknown
makasih kunjungannya mas,saya juga kadang sibuk mas jadi agak lama membalasnya hehe...
Reply Delete
Aldino Sya
pernah sambil baca, memang trasa pusing Mas..!, jd tringat jg nih Mas, saat dgn teman di atas truk, 12 th yg lalu..saat itu kita baru turun gunung rame2 bcanda, ada satu teman yg dr td cuma diam sj..klw diperhatikan mimiknya.. sepertinya teman ini, lg bertahan dr mabuk perjalanan. maklum jalan saat itu berkelok2... tau tdk Mas Anthonie..dia sambil gigit biji korek hehe..saat biji korek dilepas..uwaaakk..langsung lepas.. semua..hahaha...klw saat itu sdh ad hp kamera pasti direkam..lucu abis Mas..!
Unknown
wah pengalaman masa lalu yah mas, memang ada sebagian orang yang sering mabuk perjalanan kalau naik kendaraan apalagi kalau kendaraanya berbelok-belok jadi bikin pusing jadinya mabuk perjalanan, kasian juga temennya yah nahan rasa mual hehe...
Reply Delete
Claresta
saya kalau naik bis yg melewati banyak tikungan naik turun pasti mabuk mas, hmmm makasih tipsnya utk berjaga2 menangkal mabuk perjalanan nantinya :)
Unknown
iya mbak perlu dicoba tipsnya di atas semoga bermanfaat :)
Reply Delete
dedetea66
Saya sering melakukan perjalanan jauh,dari Bandung menuju Surabaya,berapa jam coba lama bangetkan,Tips diatas pasti saya pakai,terutama poin ke 6 yaitu Pilih posisi duduk yang aman,ini sangat penting saya selalu duduk di barisan bangku paling depan,agar tidak ada guncangan yang bisa mengocok perut,hehe,yang akibatnya menjadi mual.
Unknown
emang berapa hari sekali mas balik ke bandung
Unknown
sip kang Dede kalau duduk di depan memang lebih aman :)
Reply Delete
Unknown
Untung saya belum pernah mabuk perjalanan...
Unknown
iya mas Virlyz bagus kalau nggak pernah mabuk perjalanan yah :)
Reply Delete
Anonymous
alhaamdulillah saya belum pernah mabuk perjalanan :D
Unknown
bagus dong mas kalau nggak pernah mabuk perjalanan.
Reply Delete
Mohammad Agus Ridwan
untung saya juga belum pernah mabuk, tips yang bagus mas..
Unknown
wah syukurlah mas kalau nggak pernah mabuk perjalanan.
Reply Delete
Unknown
Kalau saya jarang Mabuk Mas, cuma waktu kecil sering ke Jawa
Mabuk juga, dulu saya di kasih Ibu saya minum obat anti mabok
Seperti antimo atau di oles minyak angin, juga kayu putih
Dan sampe sekarang gak mabuk lagi. makasih artikelnya Mas Anthonie
Unknown
iya mas biasanya sih anak kecil yang sering mabuk perjalanan tapi kalau sudah besar sih udah nggak mabuk lagi.
Reply Delete
Anonymous
Terima kasih infonya, dulu pas kecil sih suka mabuk, tetapi sekarang udah gak pernah mabuk lagi
Unknown
wah syukurlah mas kalau sekarang sudah nggak mabuk perjalanan lagi :)
Reply Delete
Wahyu Eka Prasetiyarini
mabuk diperjalanan memang cukup merepotkan mas, sebaiknya sih kita minum obat dulu anti mabuk biar tidak mabuk saat dijalan ya mas ;)
Unknown
Kalau saya langsung minum obat anti mabuk,efeknya ngantuk dan tidur dech hehe,,,,begitu bangun eh sudah sampai tujuan tuh hehe
Reply Delete
Nove Hasanah
saya punya adik yang baru membayangkan akan pergi bepergian saja sudah mabuk (mual), padahal melihat kendaraannya saja belum. Lucu juga ya.
Reply Delete
Unknown
Pokoknya kalau naik Bus jarak jauh saya selalu beli tiket minimal tiga hari sebelum keberangkatan,maksugnya biar bisa duduk di barisan depan,soalnya kalau dapet tempat duduk dibarisan belakang pasti banyak guncangan,dan akibatnya jadi mabuk deh hehehe
Reply Delete
mrbig53
Artikel yang bagus gan, jangan lupa Kunjungin Balik yah GanBIG_COMPUTERdan bagi temen-temen yang pengen cari tugas sekolah, makalah, karya ilmiah, karya tulis dan artikel menarik lainya jagan lupa juga berkunjung yah BIG_COMPUTER
Reply Delete
shofie salsabila
info yang menarik mas bro jangan lupa kunjungi juga blog saya yah http://belajarblog54.blogspot.com/
Reply Delete
Unknown
thanks infonya gan, salam kenal ajah bloger pemulah nih
Reply Delete
Unknown
Saat dalam perjalanan, jangan hanya diam, dan usahakan ngeliat kedepan. Detikkesehatan.com
Reply Delete

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel tapi dilarang...
1. Spam
2. Menaruh link aktif dalam komentar
3. Menitipkan url maaf akan dihapus juga
4. Dilarang berjualan disini

Makasih

Cancel Reply
GetID

Berlangganan Via E-mail

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Site Info


DMCA.com


SEO Reports for koesehat.blogspot.com
Copyright ©2013 Koe Sehat by Partner with Rahasia Hidup Sehat
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger