Tips dan informasi seputar masalah kesehatan, kecantikan, diet dan penyakit.

Tips menghilangkan bau mulut tak sedap

by Anthonie E. Pratama , at 1:57 AM , have 25 comments
Tips menghilangkan bau mulut tak sedap
Bau mulut
Bau mulut meskipun bukan masalah yang sangat membahayakan namun tentunya akan sangat mengganggu terutama saat berhadapan dengan orang lain sehingga orang yang ada di sekitar kita akan merasa sangat terganggu dengan bau mulut tak sedap yang keluar dari mulut kita dan semakin lama orang-orang akan berusaha untuk menjauhi kita.

Tentunya kita tidak ingin sampai mengalami keadaan yang bisa membuat kita dijauhi orang-orang kan? Di bawah ini ada beberapa tips untuk mengatasi bau mulut yang tak sedap dengan mencari tahu dulu sumber penyebab bau mulut sehingga lebih mudah untuk mengatasi dan mengobatinya.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan bau mulut diantaranya:


  • Penyakit pada mulut dan tenggorokan, gangguan pada sekitar mulut seperti sariawan, sakit tenggorokan atau panas dalam dapat menimbulkan bakteri penyebab bau mulut menjadi meningkat karena mulut, lidah dan tenggorokan akan menjadi cepat kering sehingga dapat menyebabkan bau mulut.
  • Gigi yang bermasalah, biasanya bau mulut terjadi dikarenakan adanya masalah yang terjadi pada gigi seperti gigi berlubang , sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi serta kondisi gigi yang tidak terawat dengan baik dan ini merupakan sumber utama penyebab bau mulut yang seringkali terjadi.
  • Masalah pada pencernaan, orang yang sering mengalami gangguan pada pencernaannya akan membuat asam lambung meningkat serta gas dalam lambung akan menekan ke atas sehingga dapat menimbulkan bau tak sedap pada mulut kita.
  • Tidak sarapan pagi, ada beberapa orang yang seringkali melewatkan sarapan pagi padahal sarapan pagi sangat penting untuk kesehatan selain itu melewatkan sarapan pagi membuat produksi air liur menjadi berkurang sehingga dapat menyebabkan bau mulut.
  • Kebiasaan merokok, kebiasaan ini akan sulit dihindarkan untuk sebagian orang yang sudah terbiasa merokok walaupun sudah banyak pemberitaan akan bahaya merokok untuk kesehatan namun kebiasaan merokok ini akan sulit untuk dihindari selain itu dengan merokok makan mulut anda pun akan menjadi bau tak sedap.


Tips untuk menghilangkan bau mulut diantaranya:


  • Rutin memeriksakan gigi, dengan selalu memeriksakan kesehatan gigi anda tentunya bisa mengurangi resiko terjadinya gangguan pada gigi seperti gigi berlubang, plak, posisi gigi yang tidak normal  dan masalah gigi lainnya yang merupakan salah satu penyebab utama timbulnya bau mulut.
  • Teratur menggosok gigi, menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan karena selain kita bisa terhindar dari gangguan masalah gigi tentunya kita bisa mengurangi masalah bau mulut yang terjadi karena adanya sisa makanan yang membusuk di sela-sela gigi.
  • Berkumur menggunakan obat kumur, kadangkala menggosok gigi tidak bisa menjamin gigi akan bersih seratus persen karena bisa saja sisa makanan masih menempel pada sela-sela gigi sehingga menimbulkan masalah bau mulut, dengan berkumur menggunakan obat kumur akan sangat membantu mengurangi bakteri penyebab bau mulut selain itu dapat menghilangkan plak pada gigi.
  • Berkumur menggunakan daun sirih, jika anda lebih suka menggunakan obat kumur yang alami rebusan daun sirih bisa menjadi alternatif untuk obat kumur anda karena daun sirih mengandung antiseptik yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.
  • Yoghurt, dengan rutin mengkonsumsi yoghurt maka pencernaan akan menjadi lebih sehat dan manfaat lain dari yoghurt dapat melawan bakteri yang menyebabkan bau mulut.
  • Mengkonsumsi buah yang mengandung banyak air, biasanya bakteri penyebab bau mulut akan cepat berkembang biak saat mulut kering atau kurangnya air liur di dalam mulut, dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air maka akan sangat membantu memperlancar produksi air liur dalam mulut.
  • Mengkonsumsi teh, dengan minum teh akan sangat membantu menghilangkan bau mulut karena antioksidan dalam teh selain baik untuk kesehatan tubuh juga mampu mengurangi bakteri penyebab bau mulut.
  • Seringlah minum air putih, dengan seringnya minum air putih maka produksi air liur menjadi meningkat karena air liur berfungsi melawan bakteri penyebab bau mulut sehingga dengan sering minum dapat membantu mengurangi bau mulut.
  • Permen karet, jika anda sering berada diluar rumah jangan lupa untuk selalu membawa permen karet sehingga saat dirasa mulut mulai terasa kurang sedap anda bisa mengunyah permen karet karena selain dapat meningkatkan konsentrasi, permen karet juga dapat mengatasi masalah bau mulut.


Itulah artikel mengenai Tips menghilangkan bau mulut tak sedap, karena bau mulut merupakan hal yang sangat kurang nyaman baik bagi orang lain maupun bagi kita sendiri sehingga akan membuat kita menjadi minder saat berkomunikasi langsung dengan orang lain, semoga dengan tips di atas masalah bau mulut dapat segera teratasi.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel sebelumnya: Penyebab sakit kepala dan tips cara mengatasinya

Terima kasih telah membaca Artikel Tips menghilangkan bau mulut tak sedap . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Tips menghilangkan bau mulut tak sedap sebagai sumbernya.
Anthonie E. Pratama
Tips menghilangkan bau mulut tak sedap - written by Anthonie E. Pratama , published at 1:57 AM, categorized as Tips Kesehatan . And have 25 comments






25 comments Add a comment
Anisayu Nastutik
Ke dokter gigi hasilnya puas
Segala bau pergi dynamic ikhlas

:)
Anthonie E. Pratama
iya mbak sebaiknya memang periksakan ke dokter gigi biar masalah gigi dan bau mulut bisa disembuhkan :)
Reply Delete
Dzaky Farras N
Penyebabnya banyak ya. Yang ane tau sih cuma karena gak sarapan pagi sama gak gosok gigi doang.

Berkumur menggunakan obat kumur, selain membersihkan sisa bakteri juga bisa membuat nafas jadi harum gan, walau efeknya cuma sebentar.
Anthonie E. Pratama
yah lumayan mas daripada nggak hehe...
Reply Delete
Wahyu Eka Prasetiyarini
kalau saya sih biasanya rajin gosok gigi dan sering ngunyah permen, jadi nya bisa terhindar dari bau mulut mas ;)
Anthonie E. Pratama
iya mbak bagus deh jadinya lebih pd kalau ngobrol yah :)
Reply Delete
Cilembu thea
maslah bau mulut ini jadi inget sama pacar yangsekarang jadi ibunya anak anak, akibat merokok lah yah.
uniknya menurut sidiah..baunya sensasional banget...gituh masa dia bilangnya....?!
Anthonie E. Pratama
wah itu sih udah kesengsem sama kang cilembu jadinya baunya sensasional hehe...
Reply Delete
Redo Kusuma
top komentar belum bisa juga ya mas,,, kita cari sama2 dulu apa masalahnya ya mas... :D
Anthonie E. Pratama
iya mas belum bisa, apa karena templatenya yang tidak cocok yah :)
Reply Delete
Abdul Ajiz Ridwanz
sangat bermanfaat bagi yang mulutnya bau ,,,, Seperti saya :upps: terlalu jujur :D
Anthonie E. Pratama
hehe bisa aja mas Abdul :)
Reply Delete
Purnomo Jr
emang jd bikin ndak PD ya mas kalo udah punya masalah bau mulut..
lewat tips ini..se enggaknya kita bisa utk mengatasibya..
trims ya mas Ant :)
Anthonie E. Pratama
iya mas kalau bau mulut jadinya nggak pd mau ngomong deket-deket hehe...
Reply Delete
Saud Karrysta
Jika kita malas atau gak ada waktu untuk berobat menghilangkan bau
Mulut yang tak sedap. bisa saya coba tipsnya Mas Anthonie ini, saya
Coba yah Mas? terima kasih atas tips bermanfaatnya
Anthonie E. Pratama
iya mas boleh dicoba tipsnya semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Wahyu Eka Prasetiyarini
kalau mulut bau nya wangi, jadi lebih percaya diri ya mas ketika berinteraksi dengan orang lain, ngobrol misalnya, terimakasih mas anthonie sudah share info yang menarik ;)
Anthonie E. Pratama
iya betul banget mbak kalau mulut kita wangi mau deket-deket juga gak masalah hehe...
Reply Delete
Ahmad Fathoni
sebenarnya sikat gigi yang baik tu berapa kali dalam sehari ? trus waktunya kapan ?
Anthonie E. Pratama
dua sampai tiga kali sehari mas sebaiknya sih sehabis makan agar sisa makanan yang menempel bisa dibersihkan.
Reply Delete
Firman Ardyansyah
Semuanya sudah saya coba, yang paling ampuh sih menurut saya perment or teh :)
Anthonie E. Pratama
wah ternyata mas Firman sudah pengalaman yah dalam hal ini hehe...
Reply Delete
Wahyu Eka Prasetiyarini
bau mulut ini kadang akibat makan sesuatu ya mas, seperti makan pete dan jengkol, hehehe jadi sebaiknya hindari makanan seperti itu :)
Anthonie E. Pratama
iya bisa juga mbak karena makan jengkol sama pete jadinya bau mulut, pipis juga jadi bau hehe...
Reply Delete
digital health
Dari referensi yang saya baca dengan minum teh hijau bisa menghilangkan bau mulut. Sumber: udoctor.co.id
Reply Delete

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel tapi dilarang...
1. Spam
2. Menaruh link aktif dalam komentar
3. Menitipkan url maaf akan dihapus juga
4. Dilarang berjualan disini

Makasih

Cancel Reply
GetID

Berlangganan Via E-mail

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Site Info


DMCA.com


SEO Reports for koesehat.blogspot.com
Copyright ©2013 Koe Sehat by Partner with Rahasia Hidup Sehat
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger