Tips dan informasi seputar masalah kesehatan, kecantikan, diet dan penyakit.

Gejala penyakit asam urat dan penyebabnya

by Anthonie E. Pratama , at 12:05 AM , have 30 comments
Gejala penyakit asam urat dan penyebabnya
Asam Urat
Penyakit asam urat bisa terjadi disebabkan oleh karena adanya penumpukan zat purin yang melebihi batas normal lalu tubuh mengolah zat purin ini menjadi asam urat namun karena asam urat menjadi berlebihan maka ginjal tidak dapat memproses asam urat ini dengan baik sehingga asam urat yang mengkristal semakin lama akan menumpuk di sekitar persendian sehingga terjadinya gejala asam urat seperti persendian mengalami peradangan, bengkak dan rasa nyeri pada bagian sendi.

Zat purin di dalam tubuh dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi dan penyebab asam urat ini bisa terjadi dari makanan hewani maupun nabati yang sering kita konsumsi, biasanya penyakit asam urat ini terjadi pada orang yang berusia lanjut karena zat purin yang berlebihan membuat asam urat semakin lama semakin menumpuk sehingga akhirnya terjadi peradangan yang disebut penyakit asam urat.

Biasanya orang yang mengalami penyakit asam urat juga akan mengalami penyakit lainnya seperti hipertensi, diabetes serta penyakit ginjal, oleh karena itu sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan terutama makanan yang mengandung zat purin cukup tinggi sebaiknya dihindari karena jika penyakit asam urat dibiarkan akan memperburuk kondisi peradangan bahkan dapat juga menimbulkan penyakit batu ginjal serta tidak menutup kemungkinan terjadinya gagal ginjal.

Anda bisa memeriksakan ke laboratorium kesehatan untuk mengetahui kadar asam urat dalam tubuh anda, untuk kadar asam urat pada wanita normal mencapai sekitar 2,6 mg/dl - 6 mg/dl dan untuk pria sekitar 3,5 mg/dl - 7 mg/dl jadi jika ternyata anda memiliki kadar yang lebih daripada kadar normal yang sudah ditentukan sebaiknya anda segera mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin, karena gejala asam urat ini tidak bisa langsung terlihat efeknya namun akan berasa setelah anda memasuki usia lanjut.

Makanan penyebab asam urat serta pantangan bagi penderita asam urat:


  • Seafood seperti kerang, kepiting, cumi-cumi, udang, tiram.
  • Daging merah seperti daging kambing, daging sapi.
  • Jeroan seperti ginjal, hati, paru, usus, otak.
  • Bebek seperti angsa dan kalkun.
  • Makanan berlemak serta tinggi protein seperti telur, gorengan, santan, keju.
  • Makanan kaleng seperti kornet sapi dan sarden.
  • Kacang-kacangan seperti melinjo, emping, kacang kedelai beserta olahannya, kacang tanah dan kacang hijau.
  • Buah durian dan buah nanas.
  • Sayuran seperti kangkung, singkong, buncis, bayam, kembang kol dan asparagus.
  • Ekstrak daging seperti abon dan dendeng.


Gejala asam urat yang biasanya dialami seperti:


  • Timbulnya rasa nyeri secara berulang-ulang pada bagian sendi dan biasanya terjadi pada pagi hari setelah bangun tidur dan pada malam hari.
  • Tanda-tanda gejala asam urat biasanya akan mengalami nyeri di sekitar persendian dan terjadi pembengkakan serta mengalami peradangan dengan warna yang agak kemerahan serta tanda-tanda lain seperti ngilu, linu dan kesemutan.
  • Biasanya peradangan asam urat terjadi di setiap persendian seperti pergelangan tangan, jari-jari tangan dan kaki serta tumit, dengkul  dan siku.
  • Jika asam urat sudah bertambah parah maka si penderita akan mengalami rasa sakit saat menggerakkan bagian tubuh yang berhubungan dengan persendian.


Tips atau cara mengobati asam urat: 


  • Sering-seringlah mengkonsumsi buah-buahan yang kaya kandungan vitamin C nya seperti strawberry dan jeruk.
  • Sering-seringlah mengkonsumsi buah dan sayuran seperti sawi putih, sawi hijau, jahe, tomat, belimbing wuluh dan buah naga.
  • Sering mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium seperti kentang, yoghurt dan pisang.
  • Sering-seringlah mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti singkong, ubi, roti serta nasi.
  • Untuk yang mempunyai badan terlalu gemuk sebaiknya mencoba untuk menurunkan berat badan.
  • Sering-seringlah mengkonsumsi atau minum air putih minimal 8 gelas setiap hari bermanfaat untuk membantu membuang zat purin dalam tubuh.
  • Sering-seringlah berolahraga setiap hari.


Yang perlu dihindari bagi penderita penyakit asam urat:


  • Sebaiknya menghindari bekerja terlalu berlebihan atau terlalu berat baik fisik maupun pikiran.
  • Hindari terlalu sering atau ketergantungan mengkonsumsi obat aspirin.
  • Kurangi mengkonsumsi makanan yang serba manis seperti sirup, gulali, arum manis, permen dan gula.
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang memicu terbentuknya asam urat seperti jeroan, seafood, kuah daging kental, telur serta kaldu.
  • Mengurangi mengkonsumsi buah-buahan seperti durian, nanas, air kelapa.
  • Menghindari makanan seperti emping, melinjo kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai beserta makanan olahan lainnya.
  • Hindari mengkonsumsi minuman keras atau alkohol.


Itulah artikel mengenai Gejala penyakit asam urat dan penyebabnya yang tentunya sangat penting untuk diperhatikan karena penyakit asam urat bisa terjadi pada siapa saja yang kurang memperhatikan makanan yang dikonsumsinya, hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi agar terhindar dari penyakit asam urat.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel sebelumnya: Manfaat strawberry untuk kesehatan

Terima kasih telah membaca Artikel Gejala penyakit asam urat dan penyebabnya . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Gejala penyakit asam urat dan penyebabnya sebagai sumbernya.
Anthonie E. Pratama
Gejala penyakit asam urat dan penyebabnya - written by Anthonie E. Pratama , published at 12:05 AM, categorized as Penyakit , Tips Kesehatan . And have 30 comments






30 comments Add a comment
Yahya Doank
Wah saya jarang minum air putih minimal 8 gelas setiap hari mas..

Ternyata minum 8 gelas sehari bisa untuk membantu membuang zat purin dalam tubuh ya..

PERTAMAX di amankan mas.. hehehe
Anthonie E. Pratama
betul mas, minum air putih 8 gelas setiap hari sangat baik untuk menjaga kesehatan.
Reply Delete
Saud Karrysta
Sangat bermanfaat nih Mas atas tips penyakit asam uratnya
Sedikit banyaknya saya mengetahui, dampak negatif akan
Gejala penyakit asam urat ini, dan mengikuti petunjuk dalam posts ini
Untuk kesehatan agar saya ndak terserang penyakit asam urat
Makasih atas berbaginya Mas Anthonie :-bd
Anthonie E. Pratama
iya mas Karysta semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Dwi Alfina
"Sebaiknya menghindari bekerja terlalu berlebihan atau terlalu berat baik fisik maupun pikiran."

kalo ngeBLOG dengan waktu yang lama gimana kang?
Anthonie E. Pratama
sebaiknya diatur waktunya mbak jangan terlalu berlebihan.
Reply Delete
Asep Haryono
Asam Urat ini memang bisa menjadi penghambat dalam beraktifitas. PEnyakit ini konon kata orang sih tidak selalu menyerang usia lanjut. Bahkan anak remaja dan orang Muda pun tidak luput terkena dampak penyakit asam urat ini. Namanya juga gaya hidup seseorang ya. Kalau gaya hidupnya tidak teratur , makan Seenaknya bisa berakibat terkena penyakit Asam Urat ini
Anthonie E. Pratama
iya mas Asep kalau kita kurang menjaga makanan yang kita konsumsi bisa juga kita terkena asam urat pada usia muda.
Reply Delete
Muroi El-Barezy
banyak makanan yang saya suka ternyata pemicu asam urat ya sob, harus lebih hati-hati, trims infonya
Anthonie E. Pratama
iya betul mas Muroi karena itu kita harus berhati-hati dalam memilih makanan.
Reply Delete
Pri Enamsatutujuh
Langsung di-print buat di kasihkan temen sebelah... ^_^
Anthonie E. Pratama
boleh mas Pri silahkan saja :)
Reply Delete
Wisata Murah
waduh, kerja pikiran terlalu berat juga salah satu penyebab asam urat ya // kalau gitu harus lebih hati hati ini
Anthonie E. Pratama
iya mas dibikin rileks aja jangan terlalu berat kerjanya :)
Reply Delete
Anisayu Nastutik
Ga bileh makan kerang, itu yang aku suka e

Hick, tapi untung aku sehat
Anthonie E. Pratama
kalau sekali-kali nggak apa-apa mbak asal jangan keseringan :)
Reply Delete
Purnomo Jr
ternyata byk pantangannya ya mas..kalo udah kena penyakit ini
jd kudu hati2 ..ya agar swlalu menjaga kesehatan :)
Anthonie E. Pratama
betul mas Bud harus menjaga kesehatan supaya tidak sampai terkena penyakit.
Reply Delete
wongcrewchild
Penyebabnya dari makanan yg enak semua....
Makasih sob, jadi bisa lebih pilih2 maknan yg sehat
Anthonie E. Pratama
yang enak belum tentu sehat, jadi lebih baik pilih yang sehat juga enak mas :)
Reply Delete
Didik Irawan
pilih-pilih makanan aja sob, sambil jaga kesehatan . nice info
Anthonie E. Pratama
betul mas sebaiknya kita pilih makanan yang sehat untuk tubuh.
Reply Delete
BlogsOf Hariyanto
ternyata sat purin ya yg menyebabkan asam urat.....penyakit ini memang cenderung berhubungan dengan pola makan kita.....keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)
Anthonie E. Pratama
betul mas Har karena itu harus selalu menjaga makanan yang kita makan.
Reply Delete
Wahyu Eka Prasetiyarini
gejala asam urat harus diketahui sejak dini ya mas agar kita bisa segera mengobatinya kalau terkena asam urat agar lebih cepat sembuh :)
Anthonie E. Pratama
betul mbak selain itu sebaiknya selalu menjaga makanan yang dikonsumsi.
Reply Delete
Gunawan Eka Saputra
Trus mkan apaan nich Mas, smua koq pnyebab asam urat, hehe..
Anthonie E. Pratama
banyak makan makanan yang sehat dan bergizi mas seperti buah-buahan :)
Reply Delete
irpan sah
penyakit orang yua nih.. hhe, makasih ya gan buat informasi mengenai asam urat nya, semoga bisa bermanfaat..
Anthonie E. Pratama
iya mas Irpan semoga bisa bermanfaat :)
Reply Delete

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel tapi dilarang...
1. Spam
2. Menaruh link aktif dalam komentar
3. Menitipkan url maaf akan dihapus juga
4. Dilarang berjualan disini

Makasih

Cancel Reply
GetID

Berlangganan Via E-mail

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Site Info


DMCA.com


SEO Reports for koesehat.blogspot.com
Copyright ©2013 Koe Sehat by Partner with Rahasia Hidup Sehat
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger