Tips dan informasi seputar masalah kesehatan, kecantikan, diet dan penyakit.

Manfaat jahe untuk kesehatan

by Anthonie E. Pratama , at 4:26 PM , have 32 comments
Manfaat jahe untuk kesehatan
Jahe - CC Flickr
Manfaat jahe untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi karena jahe selain memberi rasa hangat bagi tubuh juga banyak manfaatnya bagi kesehatan, biasanya jahe banyak ditemukan di pasar-pasar untuk keperluan memasak di dapur dengan harga yang relatif murah.

Tanaman Jahe sudah terkenal sejak jaman dahulu terutama di daerah India dan juga China, jahe sudah biasa digunakan untuk bahan memasak dan juga pengobatan karena jahe membuat tubuh menjadi hangat dan banyak khasiatnya untuk kesehatan tubuh.

Di Indonesia banyak minuman yang menggunakan bahan dasar jahe seperti wedang jahe, wedang ronde, bajigur dan masih banyak yang lainnya, minuman berbahan dasar jahe sangat nikmat jika dikonsumsi saat udara dingin  atau jika tubuh masuk angin sehingga tubuh menjadi segar dan menyehatkan.

Ada beberapa jenis jahe yaitu:


  • Jahe merah, memiliki warna yang agak kemerah-merahan dan jika dicicipi  maka jahe merah akan terasa lebih pedas dari jenis jahe lainnya.
  • Jahe gajah, memiliki bentuk yang lebih besar dan tidak terlalu pedas, jenis jahe ini paling digemari di pasaran luar negri karena rasanya yang tidak terlalu pedas.
  • Jahe putih atau kuning, memiliki bentuk yang agak kecil dengan warna yang kekuning-kuningan dan jika umur jahe sudah cukup tua biasanya jahe jenis ini baru dipanen agar mendapatkan hasil yang baik.


Ada banyak manfaat jahe untuk kesehatan diantaranya:


  • Mengandung antioksidan, kandungan antioksidannya sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. 
  • Anti alergi, jika anda serng mengalami alergi sering-seringlah mengkonsumsi jahe selain itu aman untuk dikonsumsi karena tidak menimbulkan rasa ngantuk dan efek samping.
  • Anti inflamasi, jahe mengandung gingerol yang bermanfaat untuk mengatasi gangguan peradangan, baik juga baik untuk penderita osteoarthritis dan arthritis.
  • Mengatasi gangguan pencernaan, jahe sangat baik untuk anda yang sering mengalami gangguan pada perut seperti perut kembung, iritasi usus serta nyeri pada lambung.
  • Menurunkan resiko penyakit stroke dan jantung, menurut penelitian ekstrak jahe mampu mencegah gangguan tersumbatnya pembuluh darah atau mengurangi gangguan pembekuan darah sehingga sangat cocok untuk mencegah terjadinya penyakit stroke dan juga jantung koroner.
  • Mengatasi penyakit flu dan batuk, jika anda sering mengalami gangguan karena virus seperti batuk, flu ataupun demam jahe bisa menjadi alternatif penyembuhan karena kandungan gingerol dalam jahe mampu mengatasi penyakit tersebut.
  • Mengatasi tekanan darah tinggi, jahe sangat baik untuk mengatasi penyakit hipertensi jadi untuk mereka yang menderita hipertensi sebaiknya rutin mengkonsumsi jahe setiap hari.
  • Menstabilkan gula darah, untuk penderita diabetes jahe sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari karena bermanfaat untuk mengatasi gangguan tingginya kadar gula darah dalam tubuh.
  • Mengatasi mabuk perjalanan, ada sebagian orang yang tidak tahan saat berpergian menggunakan kendaraan dan mengalami rasa pusing serta mual dan muntah atau disebut juga mabuk perjalanan, jahe sangat baik untuk mengatasi gangguan tersebut.
  • Meningkatkan nafsu makan, untuk orang yang tidak selera makan bisa dicoba meminum jus jeruk yang dicampur irisan jahe dan diminum sebelum dan setelah makan sehingga membuat nafsu makan meningkat.
  • Mencegah jerawat, dengan rutin mengkonsumsi jahe setiap hari akan baik untuk mengatasi timbulnya jerawat dan keringat yang keluar setelah minum jahe akan baik juga untuk membersihkan kulit wajah anda.
  • Pengobatan luka, jika anda mengalami luka anda bisa mencoba menggunakan jahe, caranya hancurkan jahe sampai lembut lalu beri garam sedikit kemudian tempelkan pada bagian yang luka.
  • Mengobati sakit kepala, jika anda sedang mengalami sakit kepala atau migrain anda bisa mencoba mengkonsumsi jahe dan sakit kepala akan berangsur sembuh.


Itulah manfaat jahe untuk kesehatan semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua, oleh karena itu biasakanlah menyediakan jahe di rumah anda agar bisa anda gunakan saat anda membutuhkannya.

Simak artikel sebelumnya: Makanan alami penurun kolesterol

Terima kasih telah membaca Artikel Manfaat jahe untuk kesehatan . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Manfaat jahe untuk kesehatan sebagai sumbernya.
Anthonie E. Pratama
Manfaat jahe untuk kesehatan - written by Anthonie E. Pratama , published at 4:26 PM, categorized as Pengobatan Alami , Tips Kecantikan , Tips Kesehatan . And have 32 comments






32 comments Add a comment
jenx indah
Apalagi disaat cuaca dingin seperti ini mas minuman yang panas pun belum bisa mnghangatkan badan paling larinya juga sama wedang jahe
Anthonie E. Pratama
iya mbak Indah, dengan wedang jahe badan jadi hangat dan segar.
Cilembu thea
hiyah emang bener pas banget kalau lagi hujan minum wedang jahe...hati dan jiwa jadi hangat
Reply Delete
Dede Thea
jahe untuk saya adalah teman dekat hehe,setiap hari pasti minum air jahe ( wedang jahe ) badan jadi selalu hangat mas hehe
Purnomo Jr
Pantesan kang dede..keliat seger trus ya..hehe
Anthonie E. Pratama
wah baru tahu saya rahasianya kang Dede ternyata jahe yah kang hehe...
Reply Delete
Purnomo Jr
Membaca manfaatnya yg bagus buat kesehatan...jadi pingin juga deh nyoba bikin wedang jahe sendiri nih mas..
Soale slama ini..minum yg udah sachetan..hehe
Anthonie E. Pratama
boleh juga mas Budi bikin wedang jahe sendiri pasti lebih enak hehe...
Purnomo Jr
Kalo buat wedang..bagus jahe yang merah ya mas katanya :)
Anthonie E. Pratama
iya mas Budi jahe merah memang lebih baik khasiatnya dibandingkan dengan jahe lainnya dan harganyapun relatif lebih mahal.
Reply Delete
irpan sah
Banyak juga ya gan manfaat jahe,, kalau setahu saya jahe itu cuma buat menghilangkan masuk angin.. makasih ya gan buat share nya.. :)
Anthonie E. Pratama
iya mas Irpan selain untuk masuk angin banyak lagi manfaat yang lainnya :)
Reply Delete
Cilembu thea
sejak jaman dahulu kala, saat pertama kali manusia mengenal tanaman jahe, khasiat jahe untuk kesehatan emang luar biasa makjleb banget...apalagi setelah di teliti di IPB dan ITB...;o)
Anthonie E. Pratama
memang luar biasa yah kang khasiat jahe ini :)
Reply Delete
Indri Lidiawati
kaya manfaat ternyata jahe ya mas, makasih sharingnya kebetulan saya juga suka minum wedang jahe :D
Anthonie E. Pratama
iya mbak Indri jahe bikin tubuh menjadi lebih sehat dan hangat :)
Reply Delete
Mohammad Robih
Sama seperti mbak indri. Saya suka wedang jahe hehe
Anthonie E. Pratama
sama-sama suka wedang jahe yah mas Robih, bagus deh :)
Reply Delete
Asep Haryono
Wah ternyata JAHE yang sering saya konsumsi minuman sereal atau semacam TEH JAHE sarbat ini juga banyak khasiatnya ya. Hmmm. Manfaatnya besar sekali Baru saya liat nih artikel yang mengulas manfaat dari JAHE ini. Selama ini saya konsumsi JAHe dari ramuan yang djual dalam kemasan sachet aja. Terima kasih atas artikelnya dan sudah bersedia berbagi buat kita semuanya di sini
Anthonie E. Pratama
iya mas Asep setelah tahu pasti lebih sering lagi yah mas mengkonsumsi jahe ini.
Reply Delete
Nehand Bjn
Banyak juga yah mas manfaat dr Jahe,mksih mas sharing nya..
Anthonie E. Pratama
memang banyak manfaatnya mas, jadi harus sering-sering mencobanya :)
Reply Delete
Cilembu thea
17poin kesehatan diatas itu dapat diatasi oleh hanyalah sebuah hasil pertanian jahe....
jahe emang luar biasa dan yu kita budidayakan yu...;o)
Anthonie E. Pratama
iya kang saya juga turut mendukung pelestarian jahe di Indonesia :)
Reply Delete
Wahyu Eka Prasetiyarini
banyak juga ya mas manfaat jahe ini. kebetulan saya suka minum wedang jahe, lumayan badan jadi enak dan fit :)
Anthonie E. Pratama
iya mbak banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.
Reply Delete
Indra Kusuma Sejati
Wedang jahe merah kasih susuh kental manis atau gula aren itu mantep banget deh..... super makjos....... :D


Salam
Anthonie E. Pratama
wah boleh dicoba nih mas Indra, makasih buat sharing pengalamannya :)
Reply Delete
Dzaky Farras N
Banyak banget ya gan ternyata, awalanya ane kira jahe itu cuma buat menghangatkan tubuh aja, ehh ternyata banyak banget.

Tapi ane kurang suka minum jahe, lebih suka teh.
Anthonie E. Pratama
sekali-kali dicoba mas minum jahe apalagi kalau pas udara dingin pasti enak banget di badan :)
Reply Delete
Jenifer Jilian
I think your blog is great for reading and I hope there is the latest update notifications
domino qiu qiu
Reply Delete

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel tapi dilarang...
1. Spam
2. Menaruh link aktif dalam komentar
3. Menitipkan url maaf akan dihapus juga
4. Dilarang berjualan disini

Makasih

Cancel Reply
GetID

Berlangganan Via E-mail

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Site Info


DMCA.com


SEO Reports for koesehat.blogspot.com
Copyright ©2013 Koe Sehat by Partner with Rahasia Hidup Sehat
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger