Tips dan informasi seputar masalah kesehatan, kecantikan, diet dan penyakit.

Manfaat vitamin C bagi tubuh

by Unknown , at 4:04 PM , have 28 comments
Manfaat vitamin C bagi tubuh
Vitamin C
Manfaat vitamin C bagi tubuh sangatlah penting karena tubuh memerlukan asupan vitamin c setiap harinya agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Fungsi vitamin c adalah sebagai antioksidan yang berfungsi mengatasi masalah yang disebabkan oleh karena adanya kerusakan akibat radikal bebas serta bermanfaat untuk komponen struktural pada pembuluh darah, tendon, ligamen, tulang serta sintesis kolagen .

Vitamin C disebut juga L-ascorbate bisa kita dapatkan dengan mudah dari berbagai sumber makanan terutama buah-buahan dan sayuran atau jika anda jarang mengkonsumsi makanan tersebut anda dapat menggantinya dengan suplemen yang banyak beredar di toko-toko kesehatan berupa tablet atau minuman.

Vitamin C ini memiliki sifat yang asam jadi mungkin tidak semua orang dapat mengkonsumsi vitamin ini dalam dosis tinggi, namun dengan mengkonsumsi banyak buah-buahan atau sayuran bagus juga untuk memperoleh asupan vitamin c secara alami, vitamin c ini bersifat larut dalam air jadi jika vitamin c sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh maka vitamin c akan larut dan terbuang bersama keluarnya air seni.

Setiap orang mempunyai kebutuhan vitamin c yang berbeda-beda dipengaruhi oleh berat ringannya aktifitas seseorang, usia, jenis kelamin, serta kondisi psikologis, untuk anak remaja antara 14 -17 tahun hanya membutugkan vitamin c sebanyak 65mg per hari sedangkan pria dewasa sebanyak 90 mg per hari dan untuk wanita dewasa sebanyak 75 mg per hari jadi jika anda tidak terlalu banyak aktifitas dosis yang diperlukan setiap harinya cukup seperti yang disebutkan diatas.

Tapi saat kondisi tubuh anda kurang fit atau mengalami gangguan kesehatan seperti flu anda dapat meningkatkan dosis vitamin c misal 500 mg namun sebaiknya dosis tinggi tersebut jangan dikonsumsi terus menerus dalam jangka waktu panjang karena bisa mengakibatkan gangguan kesehatan seperti asam lambung meningkat, iritasi pada dinding lambung bahkan bisa mengakibatkan terjadinya batu ginjal.

Kekurangan asupan vitamin c pada tubuh dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti panas dalam, sariawan, mimisan, radang gusi, nyeri sendi, kulit menjadi kering, kurang darah dan menurunnya daya tahan tubuh, jadi sebaiknya anda menyediakan vitamin c yang berupa suplemen di rumah jika anda jarang mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran sebagai sumber vitamin c.

Sumber vitamin c bisa anda peroleh dari berbagai sumber makanan alami seperti buah kiwi, tomat, jeruk, nanas, pepaya, mangga, strawberry, melon, raspberry, paprika, brokoli, dan masih banyak sumber vitamin c alami yang lainnya.

Beberapa manfaat vitamin c untuk kesehatan dan juga kecantikan:


  • Sangat bermanfaat untuk membantu dalam proses pertumbuhan dalam tubuh seperti proses penyembuhan luka, pembentukan kulit, menjaga kesehatan tulang dan gigi, memperbaiki jaringan yang rusak dalam tubuh.
  • Sebagai daya tahan tubuh terhadap penyakit serta memulihkan kondisi tubuh agar kembali fit.
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Meningkatkan mood seseorang menjadi lebih baik akibat dari stres.
  • Berperan sebagai antioksidan sehingga sangat baik menjaga kesehatan kulit akibat radikal bebas sehingga kulit menjadi lebih sehat, segar serta mengurangi terjadinya kulit kusam, kerutan pada kulit atau penuaan dini.
  • Membantu melancarkan peredaran darah sehingga kulit wajah menjadi lebih fresh, sehat dan bermanfaat juga dalam proses produksi kolagen.


Itulah artikel mengenai Manfaat vitamin C bagi tubuh yang sangat baik untuk diketahui agar tubuh kita tetap sehat terhindar dari berbagai macam penyakit, jadi sering-seringlah mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran alami sumber vitamin c, semoga bermanfaat.

Simak juga artikel lainnya: Tips hidup sehat alami


Terima kasih telah membaca Artikel Manfaat vitamin C bagi tubuh . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Manfaat vitamin C bagi tubuh sebagai sumbernya.
Manfaat vitamin C bagi tubuh
Manfaat vitamin C bagi tubuh - written by Unknown , published at 4:04 PM, categorized as Buah-buahan , Sayuran , Tips Kecantikan , Tips Kesehatan . And have 28 comments






28 comments Add a comment
Unknown
Kurang arah itu termasuk kurang asupan vitamin c ya mas...saya pikir itu karena saya makan yang asem kayak gitu ternyata salah
Unknown
makan yang asam seperti buah-buahan malah bagus mbak karena kadar vitamin C nya banyak.
Reply Delete
irpan destarata
banyak ya mas manfaat vitamin C.. kalau saya sih biasanya banyak mengkonsumsi vitamin C saat flu, biar flunya cepet sembuh.. :)
Unknown
bagus itu mas Irpan, minum vitamin c biar cepat sembuh sakitnya.
Reply Delete
Wahyu Eka Prasetiyarini
sebaiknya memang kebetuhan vitamin c dalam tubuh harus seimbang ya mas. Jadi kita bisa sehat karena mengingat manfaatnya bagi tubuh sangat banyak sekali vitamin c ini :)
Unknown
iya mbak kebutuhan vitamin dalam tubuh sudah ada dosisnya jadi mengkonsumsi secukupnya saja agar seimbang.
Reply Delete
baho-punya.blogspot.com
kalau saya biasanya minum yang di botol mas, tetapi lenih bagus kalau yang alami saja yaa mas . terima kasih mas buat vitaminnya :)
Unknown
Iya mas Ferdon yang alami seperti buah-buahan atau sayuran jauh lebih baik untuk kesehatan.
Reply Delete
Indra Kusuma Sejati
Oooo,,,,, pantes kalau saya minum vitamin C warna air seni berubah pekat, jadi vitamin C itu tidak larut ya mas dalam tubuh kita ? Sepertinya harus di rubah nih biar dapet seratnya juga ya ? jadi ganti buah saja. Trims atas sharingnya mas. :D

Salam
Unknown
mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran memang lebih baik mas untuk kesehatan tubuh kita.
Reply Delete
Unknown
vitamin c memang vitamin yang sangat di butuhkan oleh mata mas
Unknown
iya mas dan juga buat daya tahan tubuh terhadap penyakit.
Reply Delete
Ione Nasition
berarti klu stres, wajib mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, dong?
Unknown
Bisa juga mas Ione, asal jangan terlalu berlebihan :)
Reply Delete
Staff Administrator
Vit C emang sangat perlu buat tubuh ya mas
Kalo buat swring ngosumsi vit berupa suplemen gitu..apa ada efek ndak baiknya jg ya mas :)
Unknown
kalau nggak banyak-banyak nggak apa-apa mas Bud masih aman kok :)
Reply Delete
Claresta
vitamin c ini juga bisa bikin awet muda ya mas, krn kulit tdk cepat berkerut jadinya, hehehe :D
Unknown
Iya mbak Indri betul sekali, karena vitamin c bisa bermanfaat sebagai antioksidan sehingga sangat baik untuk kecantikan wajah.
Reply Delete
Mohammad Robih
yang lebih retan kena sariawan :D
Unknown
iya mas Robih kalau sariawan berarti kurang vitamin C.
Reply Delete
dedetea66
Kalau saya lebih suka memilih vitamin C yang alami,yaitu dari buah-buahan,daripada harus beli suplemen yang banyak beredar di toko-toko .....
Unknown
iya kang Dede yang alami jauh lebih bagus untuk kesehatan.
Reply Delete
Unknown
ane kadang-kadang aja sob makan vitamin c, lebih sering makan vitamin a sob
Unknown
semua vitamin penting untuk tubuh jadi vitamin apa saja bagus untuk kesehatan :)
Reply Delete
Unknown
kalu menurut saya vitamin yang baik itu memang vitamin c karna selain baik untuk mata vitamin ini termasuk 1/2 vitamin yang ada didalam tubuh kita
Unknown
Iya mas Handri, vitamin C memang sangat penting untuk tubuh dan kesehatan.
Reply Delete
Admin
Penting bnget ya Mas vitamin C buat tubuh, mkasih info'y Mas....
Unknown
iya mas vitamin C merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.
Reply Delete

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel tapi dilarang...
1. Spam
2. Menaruh link aktif dalam komentar
3. Menitipkan url maaf akan dihapus juga
4. Dilarang berjualan disini

Makasih

Cancel Reply
GetID

Berlangganan Via E-mail

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Site Info


DMCA.com


SEO Reports for koesehat.blogspot.com
Copyright ©2013 Koe Sehat by Partner with Rahasia Hidup Sehat
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger