Tips dan informasi seputar masalah kesehatan, kecantikan, diet dan penyakit.

Makanan alami penurun kolesterol

by Anthonie E. Pratama , at 1:09 AM , have 42 comments
Makanan alami penurun kolesterol
Almond - CC Flickr
Makanan penurun kolesterol sangat baik untuk dikonsumsi meskipun dengan sumber makanan alami yang banyak terdapat disekitar kita sudah sangat efektif untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita, namun tidak semua orang mengetahui apa saja sumber makanan yang efektif untuk menurunkan kolesterol.

Namun apakah kolesterol itu ? Kolesterol adalah senyawa lemak kompleks yang dihasilkan dalam tubuh dan juga dari luar tubuh, kolesterol ini berfungsi untuk pembentukan dinding sel, senyawa lemak kompleks ini mengalir dalam darah namun tidak dapat larut dalam darah karena itu dibutuhkan protein yang disebut dengan Lipoprotein agar kolesterol tidak menumpuk dan menutupi saluran pembuluh darah.

Kolesterol memang sangat dibutuhkan oleh tubuh namun harus seimbang dan tidak berlebihan, kadar kolesterol yang normal adalah di bawah 200 mg/dl dan jika melebihi 240 mg/dl anda harus waspada karena bisa menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan karena terjadinya penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah.

Beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol diantaranya stroke, jantung koroner, migrain, darah tinggi, diabetes, vertigo dan masih banyak penyakit lainnya, gangguan kesehatan ini sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kematian maka sebaiknya anda berhati-hati apalagi jika anda suka mengkonsumsi makanan yang tinggi kadar kolesterolnya.

Kolesterol dibedakan menjadi 2 yaitu:

1. Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein)
LDL ini biasa disebut juga dengan kolesterol jahat karena lemak ini akan menumpuk dan menebal di dalam saluran pembuluh darah sehingga lama-kelamaan dapat menyebabkan terjadinya penyempitan dan penyumbatan pada pembuluh darah terutama pembuluh darah kecil yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi ke organ tubuh lainnya seperti otak dan jantung.

2. Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) 
HDL ini disebut juga kolesterol baik karena sangat berperan aktif dalam membersihkan tumpukan lemak berlebihan pada saluran pembuluh darah, sehingga menurunkan resiko terjadinya gangguan penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah.

Penyebab HDL menjadi rendah dikarenakan beberapa faktor seperti kurangnya berolahraga, merokok, kegemukan, sering mengkonsumsi alkohol, hormon testosteron dan beberapa faktor lainnya, oleh karena itu jika kita ingin mencegah agar kadar kolesterol tidak meningkat dapat melakukan pola hidup sehat, pola diet serta olah raga rutin setiap hari.

Beberapa makanan alami yang dapat menurunkan kolesterol diantaranya:


  • Kacang-kacangan, dengan mengkonsumsi kacang-kacangan seperti almond, chestnut, walnuts, cashew, pistachio dan pecan kandungan asam lemak tak jenuh yang tinggi  dan rendahnya lemak jenuh sangat baik untuk menurunkan kolesterol tinggi.
  • Strawberry, buah yang berwarna merah menarik selain enak juga kandungan antiosidannya sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  • Fish oil, biasa disebut juga dengan minyak ikan kaya akan kandungan asam lemak omega 3 sehingga sangat baik untuk mereka yang mengalami penyakit jantung tahap awal.
  • Bawang putih, lewat penelitian yang dilakukan di Texas University membuktikan bahwa mengkonsumsi bawang putih mentah setiap hari sangat efektif untuk meningkatkan HDL dalam darah sehingga sangat baik untuk penderita kolesterol tinggi.
  • Fenugreek, disebut juga kelabat sayangnya fenugreek ini belum banyak dikenal orang namun terbukti sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Kunyit, lewat penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa kunyit sangat baik untuk mencegah kolesterol jahat menumpuk dalam darah sehingga sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol.


Itulah artikel mengenai makanan penurun kolesterol yang perlu kita ketahui karena makanan-makanan alami tersebut sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol agar terhindar dari penyakit stroke, jantung koroner ataupun hipertensi. semoga bermanfaat.

Simak artikel sebelumnya: Mengenal penyakit kulit eksim

Terima kasih telah membaca Artikel Makanan alami penurun kolesterol . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Makanan alami penurun kolesterol sebagai sumbernya.
Anthonie E. Pratama
Makanan alami penurun kolesterol - written by Anthonie E. Pratama , published at 1:09 AM, categorized as Buah-buahan , Tips Kesehatan . And have 42 comments






42 comments Add a comment
Wisma Bayu
mantap sob boleh dicoba tips nya. kebetulan kolesterol ane lumayan sob, jadi harus bisa mengendalikannya
Anthonie E. Pratama
silahkan dicoba makanan penurun kolesterolnya mas :)
Purnomo Jr
Saya juga pingin cek deh..
Reply Delete
Ione Nasition
ternyata kolesterolnya da yang baik dan jahat ya... wah, ada bahan tradisional indonesia (kunyit) yang bisa menurunkan kolesterol
Anthonie E. Pratama
iya mas Ione yang perlu diwaspadai adalah kolesterol jahat atau LDL.
Reply Delete
Beranda Kata
termasuk kacang tanah juga gak bro?
Anthonie E. Pratama
iya mas kacang tanah juga bagus untuk kolesterol.
Reply Delete
Purnomo Jr
Lewat cara mengkobsumsi dari bahan yg alami..banyak pilihannya juga ya mas..dan khasiatnya pun pasti udah ndak di raguin lagi..

Terima ksh mas..udah berbagi ke kita2.. :)
Anthonie E. Pratama
betul mas yang alami memang lebih baik untuk kesehatan.
Reply Delete
nove hasanah
saya pilih kacang-kacangan deh. Untuk kunyit dan bawang putih kan sudah ada di bumbu masakan khas Indonesia.
Anthonie E. Pratama
boleh pilih yang mana saja mbak yang penting bermanfaat untuk kesehatan.
Reply Delete
Mas Onqi
lha kalau saya gak suka kacang-kacangan pak
hehehe
Anthonie E. Pratama
wah sayang sekali mas, padahal kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan.
Reply Delete
Elfrida Chania
Baru tahu kalau stroberi bisa menurunkan kolestrol :)
Anthonie E. Pratama
iya mbak boleh dicoba semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Bayu Tirta
jadi initinya kita harus membiasakan hidup sehat dan makan makanan yang sehat juga selagi dini sebelum terlambat :D mumpung masih muda
Anthonie E. Pratama
betul sekali mas Bayu memang itu yang terpenting agar selalu sehat.
Reply Delete
Elsawati Dewi
karena saya suka strawberry berarti yes, saya bebas penyakit kolesterol hehe :D
Anthonie E. Pratama
iya bagus mbak kalau menyukai strawberry :)
Reply Delete
Den Hanip
Sangt bermanfaat ini, trims...:)
Anthonie E. Pratama
sama-sama mas silahkan dicoba tipsnya :)
Reply Delete
Em Albar
wah mantap mas, alhamdullilah saya ngak kolestrol
Anthonie E. Pratama
bagus mas kalau nggak kolesterol, mudah-mudahan jangan sampai terjadi yah mas :)
Reply Delete
Wahyu Eka Prasetiyarini
banyak makanan alami yang punya manfaat tinggi bagi tubuh ya mas, utamanya untuk kesehatan. Tapi kenapa ya sebagian orang lebih suka makanan yang instan hmm
Anthonie E. Pratama
mungkin karena kesibukan mbak jadi orang-orang lebih memilih yang praktis walaupun yang instant kadang tidak sehat.
Reply Delete
irpan sah
kalau kolesterol turun jadi bisa mengurangi resiko penyakit jantung ya gan.. kayanya perlu dicoba nih salah satunya..
Anthonie E. Pratama
iya mas, dengan turunnya kadar kolesterol maka jantung akan menjadi lebih sehat.
Reply Delete
Toko Enggal Santoso
kebetulan saya suka kacang-kacangan bebas kolestrol nih, thaxs artikelnya bermanfaat
Anthonie E. Pratama
iya mas kacang-kacangan merupakan salah satu makanan alami yang baik untuk menurunkan kolesterol.
Reply Delete
Asep Haryono
Memang sekarang sudah semakin banyak masalah kesehatan yang sering didera oleh kaum usia menengah ke atas,. Jangan salah. Kolesterol juga sering diidap atau dialami oleh kaum muda atau mereka yang berusia muda
Anthonie E. Pratama
Iya betul mas Asep, karena itu sangat penting selalu menjaga pola hidup sehat.
Reply Delete
Purnomo Jr
Pola makan yg buruk biasanya penyebab utama nya ya mas
Dan lewat info ini kita bisa mensiasatinya.. :)
Anthonie E. Pratama
betul mas Budi, pola makan yang tidak sehat salah satu penyebabnya.
Reply Delete
Boku no Blog
Sudah saatnya Boku harus berjuang keras menurunkan kolesterol Mas Eka,

Terima kasih artikelnya Mas..
Anthonie E. Pratama
iya mas Boku, karena kalau kolesterol terlalu tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan.
Reply Delete
HAM DAN
wah ini ni yang cocok buat saya gan . hehehe nice info
Anthonie E. Pratama
iya mas Ham Dan, mudah-mudahan bermanfaat :)
Reply Delete
Kang Sun
Fenugreek kayaknya aku masih asing banget, Mas, baru denger nih....oh ya, itu dapat dihasilkan dari apa, tumbuhan apa hewan?
Anthonie E. Pratama
Fenugreek adalah tumbuhan kang tapi susah juga jelasinnya coba cari di google aja mas nanti pasti bisa tahu :)
Reply Delete
Redo Kusuma
selamat malam mas, salam sapa sahabat ya mas
Anthonie E. Pratama
selamat malam juga mas Redo makasih sudah berkunjung :)
Reply Delete

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel tapi dilarang...
1. Spam
2. Menaruh link aktif dalam komentar
3. Menitipkan url maaf akan dihapus juga
4. Dilarang berjualan disini

Makasih

Cancel Reply
GetID

Berlangganan Via E-mail

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Site Info


DMCA.com


SEO Reports for koesehat.blogspot.com
Copyright ©2013 Koe Sehat by Partner with Rahasia Hidup Sehat
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger