Tips dan informasi seputar masalah kesehatan, kecantikan, diet dan penyakit.

Gejala penyakit rematik dan pencegahannya

by Anthonie E. Pratama , at 2:30 AM , have 31 comments
Gejala penyakit rematik dan pencegahannya
Rematik
Penyakit rematik atau disebut juga dengan Rheumatoid arthritis disingkat RA merupakan penyakit autoimun yang mengakibatkan timbulnya peradangan di bagian otot dan sendi sehingga menimbulkan rasa nyeri di sekitar persendian tulang dan tentunya penyakit rematik ini dapat menggangu aktivitas anda sehari-hari.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan rematik seperti faktor keturunan, infeksi, cedera sendi, masalah metabolisme dan masih banyak yang lainnya, biasanya akan ditandai dengan adanya rasa nyeri, pembengkakan, kemerahan serta kekakuan dan untuk keadaan rematik yang parah dapat menimbulkan gejala seperti menurunnya berat badan, demam, rasa lelah, pembengkakan kelenjar serta gangguan pada jantung, ginjal serta paru-paru.

Beberapa tanda awal dari gejala rematik seperti dilansir Healthmeup.com:


  • Rasa nyeri disekitar sendi, biasanya akan terjadi rasa nyeri yang berdenyut pada daerah persendian setelah anda duduk terlalu lama atau saat pagi hari bahkan bisa terjadi pada saat anda tidak melakukan apa-apa atau saat sedang beristirahat.
  • Terjadi pembengkakan, adanya retensi cairan sehingga otot menjadi membengkak serta kulit menjadi terasa kencang karena adanya pembengkakan ini dan terjadinya pembengkakan ini merupakan gejala yang umum terjadi pada penderita rematik.
  • Sekitar sendi memerah, saat persendian mengalami pembengkakan dan peradangan maka kulit disekitar persendian akan terlihat memerah serta sensitif dan saat disentuh akan terasa hangat dan nyeri.
  • Nyeri pada otot, untuk penderita rematik biasanya otot disekitar sendi biasanya akan menjadi tegang dan terasa nyeri, serta biasanya bagian tubuh tersebut akan terasa kaku sehingga dapat menyebabkan kesulitan dalam bergerak, berjalan ataupun beraktivitas.


Apakah mandi malam dapat menyebabkan rematik?

Rheumatoid artritis atau penyakit rematik terjadi dikarenakan adanya gangguan sistem imun sehingga mengganggu bagian persendian dan menyebabkan peradangan serta menimbulkan kerusakan pada sendi-sendi pada tubuh, dengan adanya gangguan peradangan pada persendian tersebut biasanya akan kambuh pada saat udara dingin, sehingga saat mandi malam terutama pada saat udara dingin akan membuat rasa nyeri di sekitar persendian menjadi kambuh, sehingga udara dingin ini merupakan salah satu faktor pemicu timbulnya rasa nyeri sehingga akan memperparah kondisi penderita rematik, namun untuk orang yang sehat atau tidak mempunyai penyakit rematik mandi malam tidak akan berpengaruh apa-apa atau tidak akan membuat seseorang mengalami penyakit rematik.

Cara mencegah timbulnya gejala penyakit rematik:


  • Rutin berolahraga setiap pagi atau bisa dengan berjalan kaki tanpa alas kaki di tempat yang banyak kerikilnya untuk merangsang sirkulasi darah di dalam tubuh.
  • Hindari mengkonsumsi makanan dengan kalori yang berlebihan dan perbanyak makan buah dan sayuran seperti alpukat, jus semangka, asparagus, apel dan strawberry.
  • Selalu menjalankan pola hidup sehat.


Obat rematik tradisional untuk mengatasi rematik yaitu:

Daun sirsak
Caranya: siapkan sekitar 15 lembar daun sirsak lalu cuci bersih, lalu rebus daun sirsak dengan 3 gelas air putih sampai hasil rebusan tersisa 1 gelas kira-kira 1 jam untuk proses merebusnya kemudian tambahkan gula aren atau bisa menambahkan madu kemudian disaring dan siap untuk diminum setelah hangat, anda bisa mengkonsumsi rebusan daun sirsak 3 kali sehari sampai dirasa rematik menjadi sembuh.

Itulah artikel mengenai Gejala penyakit rematik dan pencegahannya, meskipun penyakit rematik biasa terjadi pada usia lanjut namun tidak menutup kemungkinan pada usia muda pun mengalami penyakit ini oleh karena itu sangat penting untuk berolahraga dan menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat setiap hari.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel sebelumnya: Hidup sehat dengan oatmeal setiap hari

Terima kasih telah membaca Artikel Gejala penyakit rematik dan pencegahannya . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Gejala penyakit rematik dan pencegahannya sebagai sumbernya.
Anthonie E. Pratama
Gejala penyakit rematik dan pencegahannya - written by Anthonie E. Pratama , published at 2:30 AM, categorized as Pengobatan Alami , Penyakit , Tips Kesehatan . And have 31 comments






31 comments Add a comment
Saud Karrysta
Selamat Pagi Mas Anthonie, ini yang sering saya alami Mas
Rhematik dan pencegahanya akan saya pakai untuk menyembuhakan
YANG Ada pada tubuh saya makasih info kesehatanya. salam sukses
Anthonie E. Pratama
iya mas Karysta boleh dicoba semoga bisa bermanfaat :)
Reply Delete
Saud Karrysta
Wow ternyata dapat Pertamax di artikel tentang Rhematik nya
Mas Anthonie ini. makasih yo Mas? sukses selalu :)
Anthonie E. Pratama
wah selamat lagi mas udah dapet pertamax lagi hehe
habis reonda yah mas kok subuh-subuh udah ngeblog nih :)
Purnomo Jr
mas saud sekalian habis nyaur juga kali mas :)
Reply Delete
Purnomo Jr
jadi kalo yg udah kena penyakit ini..emang ndak boleh kena hawa dingin ya mas :)
Virlyz Nyzam
Cepet kambuh tuh mas Bud klu kena yg dingin2 hehehe
Anthonie E. Pratama
betul mas Budi dan mas Virlyz kalau kena dingin biasanya akan kambuh rematiknya.
Reply Delete
Asep Haryono
Saya kadang suka ketukar atau agak rancu antara pengertian RHEMATIK dengan ASAM URAT? Karena dalam pemahaman saya sih keduanya menyerang sendi dan tulang. Bisa dideskripsikan nih
Anthonie E. Pratama
secara umum sih hampir sama mas tapi sebenarnya berbeda :)
Reply Delete
Virlyz Nyzam
Daun sirsak ternyata selain buat kerajianan..juga bisa buat obat ya mas...makasih ilmu medisnya Mas Eka ....
Anthonie E. Pratama
iya betul mas Virlyz, sama-sama semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Enis Sobanah
Jadi teringat sama Ibuku ( Almarhumah ) beliau mengidap Rematik,andai waktu itu tahu bahwa daun sirsak bisa dijadikan obat untuk penyakit tersebut pasti saya akan membuatkanya untuk beliau hik hik hik ( jadi sedihhhhh )....
Anthonie E. Pratama
iya mbak Enis, sayang sudah terlambat yah.
Reply Delete
Ahmad Fathoni
baru tahu kalu obat rematik ini adalah berbahan daun sirsak, terima kasih infonya
Anthonie E. Pratama
sama-sama mas, betul mas semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Wahyu Eka Prasetiyarini
sebaiknya memang kita melakukan pencegahan ya mas terhadap rematik ini karena kalau kita sudah terkena rematik, sulit juga untuk menyembuhkan nya. Keep spirit and happy blogging always ;)
Anthonie E. Pratama
iya betul mbak Ririn kalau bisa sih kita mencegah supaya tidak terlanjur sakit.
Reply Delete
Aldino Sya
mulais skrg daun sirsaknua harus dikumpul ini..trnyata faedahnya ad jg..!
Anthonie E. Pratama
iya mas Aldino, boleh juga dikumpulin daun sirsaknya untuk berjaga-jaga hehe...
Reply Delete
handri setiawan
pos nya sangat bermanfaat dan berguna kak teruta bagi yang memiliki penyakit rematik
Anthonie E. Pratama
iya mas Handri semoga bisa bermanfaat :)
Reply Delete
Dwi Alfina
mencegah lebih baik dari pada mengobati :) makasih kang udh share artikel cara mencegah gelaja penyakit rematik :)
Anthonie E. Pratama
iya betul mbak Dwi mencegah memang lebih baik :)
Reply Delete
Elsawati Dewi
rutin olahraga banyak manfaatnya ya, termasuk mencegah rematik juga :D
Anthonie E. Pratama
kalau rajin olahraga tubuh akan sehat dan terhindar dari berbagai penyakit mbak :)
Reply Delete
Abdul Ajiz Ridwanz
saya sering mandi pada saat malam hari apakah dapat menimbulkan gejala rematik ?
Anthonie E. Pratama
kalau sudah punya penyakit rematik pasti timbul gejala rematik jika sering mandi malam terutama juka udara dingin, tapi kalau tidak punya penyakit rematik nggak akan menimbulkan gejala rematik.
Reply Delete
Ace Maxs
memang kebanyakan penyakit berawal dari pola hidup termasuk juga rematik... karena itu pola hidup sehat memang sangat pentik bila ingin terhidar dari berbagai penyakit, terutama dari makanan dan minuman...

http://obattraditional.com/obat-tradisional-radang-sendi/
Reply Delete
Steve Lee Zacky
Klinik Apollo ialah Klinik Spesialis Kulit dan Kelamin ( Klinik Andrologi & Ginekologi ). Klinik Apollo merupakan Klinik berstandar Internasional terbaik di Jakarta Indonesia. Selain mempunyai alat-alat medis terbaik, teranyar & canggih, klinik Apollo juga memiliki Dokter Spesialis di sektor Kesehatan Kulit dan Kelamin yang berasal dari Indonesia & bekerja sama dengan berbagai rumah sakit & klinik internasional. Untuk biaya klinik Apollo, pembayaran tergantung pada kebutuhan dan penanganan yang diperlukan pasien. Klinik Apollo memiliki tarif yang terbilang cukup terjangkau oleh semua kalangan jika dibandingkan dengan penyedia layanan kesehatan lainnya.

Pengobatan penyakit laki-laki seperti; Impotensi ( lemah syahwat), prostat, infeksi saluran kemih, ejakulasi dini/impoten, siskumsisis/khitan ,terapi kelamin, Infeksi prostat (prostatitis), kista prostat, prostatitis (radang prostat), hyperlasia kelenjar prostat, hipertropi prostat, Sexually transmitted diseases (STDs), phthirus pubis, chlamydia (klamidia), kakroid (Ulkus molle), Lymphogranuloma LGV, kondiloma akuminata (jengger ayam), non-gonococcal urethritis (NGU), trikomoniasis, sifilis atau Penyakit raja singa, HIV/aids, herpes genital, gonore (Kencing nanah), disfungsi ereksi, hambatan orgasme, ejakulasi retrograde, keengganan seksual (sexual aversion disorder), spermatorrhea, hipogonadisme,sakit ejakulasi, dyspareunia,priapismus, hambatan orgasme. Pengobatan penyakit perempuan seperti; peradangan ginekologi, pms perempuan, oligomenorrhea / keputihan / pek tay, erosi serviks, perbaikan selaput dara, operasi ginekologi, bartolinitis,endometriosis, menstruasi tak rutin, perdarahan uterus disfungsional (DUB), mioma uteri, kista leher rahim dll bisa anda dapatkan di klinik Apollo. Anda dapat menghubungi hotline di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli Klinik Apollo, atau klik website bawah ini untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis klinik Apollo.

Wartadokter
klinikkesehatan
kesehatankelamin
Reply Delete

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel tapi dilarang...
1. Spam
2. Menaruh link aktif dalam komentar
3. Menitipkan url maaf akan dihapus juga
4. Dilarang berjualan disini

Makasih

Cancel Reply
GetID

Berlangganan Via E-mail

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Site Info


DMCA.com


SEO Reports for koesehat.blogspot.com
Copyright ©2013 Koe Sehat by Partner with Rahasia Hidup Sehat
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger