Tips dan informasi seputar masalah kesehatan, kecantikan, diet dan penyakit.

Hati-hati mengkonsumsi garam berlebihan

by Anthonie E. Pratama , at 2:35 AM , have 46 comments
Hati-hati mengkonsumsi garam berlebihan
Garam
Garam adalah merupakan salah satu bumbu perasa yang membuat setiap masakan menjadi nikmat untuk dikonsumsi, bayangkan jika masakan tanpa diberi garam maka tentu rasanya akan hambar dan tidak enak, oleh karena itu garam merupakan bumbu perasa yang sangat penting untuk memasak.

Meskipun garam sangat penting untuk membuat masakan menjadi lebih enak namun jika tubuh terlalu banyak mengkonsumsi garam akan mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan dan penyakit, oleh karena itu sebaiknya membatasi mengkonsumsi garam atau makanan yang serba asin agar tidak menggangu kesehatan tubuh anda.

Garam merupakan mineral yang terdiri dari natrium dan klorida, natrium berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh serta membantu dalam transmisi impuls saraf ke otak sedangkan natrium berfungsi untuk relaksasi dan kontraksi otot, mengkonsumsi garam secukupnya setiap hari akan sangat baik untuk tubuh namun jika berlebihan akan sangat membahayakan fungsi tubuh.

Gangguan kesehatan yang disebabkan oleh mengkonsumsi garam berlebihan:


  • Meningkatkan resiko hipertensi, lewat beberapa penelitian yang dilakukan mengkonsumsi garam berlebihan akan mengakibatkan meningkatnya tekanan darah atau hipertensi sehingga akan berbahaya bagi kesehatan.
  • Meningkatkan resiko stroke, menurut penelitian orang yang sedikit mengkonsumsi garam ternyata dapat mengurangi resiko terkena penyakit stroke hingga 15 % dan semakin banyak mengurangi garam dapat menurunkan resiko terkena stroke hampir 50 %.
  • Penyakit kardiovaskuler, lewat penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa orang yang mengurangi garam dapat menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskuler hingga 25 %.
  • Osteoporosis, mengkonsumsi garam berlebihan ternyata juga dapat menghambat dalam penyerapan kalsium di dalam tubuh sehingga meningkatkan resiko terkena osteoporosis.
  • Mengganggu kesehatan rambut, untuk anda yang senang mengkonsumsi garam biasanya akan mengalami gangguan kesehatan pada rambut anda seperti rambut menjadi beruban dan mengalami kerontokan.
  • Meningkatnya sekeresi air empedu, saat kita mengkonsumsi garam yang cukup tinggi maka akan mengakibatkan sekresi air empedu juga meningkat sehingga terjadinya penurunan vitalitas dan meningkatkan densitas darah, selain itu membuat kering pada bibir serta bibir mengalami pendarahan.
  • Mengganggu sistem pencernaan, garam akan menyebabkan enzim pencernaan yang dikenal dengan pepsin mengalami penurunan selain itu dapat meningkatkan keasaman dalam lambung sehingga dapat menyebabkan diare serta luka pada lambung.
  • Pembengkakan sekitar jantung, natrium yang berlebihan menentukan tingkat cairan di dalam tubuh selain itu banyaknya garam yang dikonsumsi membuat ginjal menjadi sulit untuk membuang garam dan menahan cairan sehingga ada kemungkinan terjadinya pembengkakan di sekitar jantung.
  • Menyebabkan kematian, mengkonsumsi garam yang cukup tinggi sekaligus akan sangat berbahaya bagi tubuh bahkan bisa mengakibatkan kematian.


Itulah artikel mengenai Hati-hati mengkonsumsi garam berlebihan, sebaiknya mengkonsumsi garam secukupnya setiap hari bahkan bila memungkinkan mengurangi mengkonsumsi garam akan lebih baik bagi kesehatan sehingga terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel sebelumnya: Gejala penyakit asam urat dan penyebabnya

Terima kasih telah membaca Artikel Hati-hati mengkonsumsi garam berlebihan . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Hati-hati mengkonsumsi garam berlebihan sebagai sumbernya.
Anthonie E. Pratama
Hati-hati mengkonsumsi garam berlebihan - written by Anthonie E. Pratama , published at 2:35 AM, categorized as Tips Kesehatan . And have 46 comments






46 comments Add a comment
Elfrida Chania
Jadi harus lebih berhati-hati nih, soalnya saya tipe orang yang suka makan makanan yang garamnya berlebihan. Kalau garamnya gak banyak, rasanya suka datar di lidah saya.
Syaifurrahman
Wah mesti mulai dikurangi tuh konsumsi garamnya mba' Frida.
mending secukupnya aja mba'.
Anthonie E. Pratama
iya betul mbak Frida harus dikurangi konsumsi garamnya seperti yang dibilang mas Syaifurrahman :)
Reply Delete
Yahya Doank
Wah aku perlu hati hati nih dalam mengkonsumsi garam.. soalnya aku biasanya makan garam terlalu berlebihan..
Anthonie E. Pratama
lebih baik dikurangi konsumsi garamnya mas Yahya biar sehat :)
Reply Delete
Asep Haryono
Rasanya memang tidak seru kalau sayur tanpa garam. Memang memang tidak nyaman juga menikmati sayur mayur tanpa garam. Terima kasih atas artikelnya tentang Garam. Saya jadi bertambah tau kekurangan saya soal garam. Selama ini saya dan keluarga selalu menggunakan garam Beryodium. Sudah dari dulu soalnya hihihihi
Anthonie E. Pratama
iya mas Asep kalau tanpa garam memang sayurnya jadi hambar, tapi secukupnya saja biar tidak mengganggu kesehatan.
Reply Delete
Heri Assidiqi
Apapun kalo di konsumsi secara berlebihan pasti akan berdampak buruk terhadap kesehatan.
Apa lagi garam ya he..potensi terhadap gangguan kesehatannya sangat banyak. Makasih sob infonya jadi nambah pengetahuan nich :)
Anthonie E. Pratama
iya mas Heri berlebihan memang tidak baik buat kesehatan :)
Reply Delete
Wisata Murah
waduh, dengan mengkonsumsi garam berlebihan bisa Meningkatnya sekeresi air empedu ya,, neri juga kalau gitu,, thx inponya
Anthonie E. Pratama
betul mas jadi harus lebih berhati-hati lebih baik mengurangi mengkonsumsi garamnya :)
Reply Delete
wongcrewchild
Bahaya jg klo brrlbihan, sbatas asin aja lah
hana sugiharti
iya betul semua disesuaikan dengan porsinya aja ya mas.

info penting makasih ya
Anthonie E. Pratama
iya mas Wong dan mbak Hana disesuaikan saja dan secukupnya saja agar tidak berlebihan :)
Reply Delete
MaYa KayLa
Harus sekucupnya mas... Bahaya juga kalo suka makanan berasin...
Anthonie E. Pratama
iya mbak Maya secukupnya saja mengkonsumsi garamnya :)
Reply Delete
Pri Enamsatutujuh
Berkembang mitos di Jawa, bhwa kl sorg perempuan masak sayur ke-asinan, katanya sdh ngebet pengen kawin....

#AdaHubungannya gak ya?
Anthonie E. Pratama
mungkin nggak konsen masaknya jadi keasinan karena pengen buru-buru kawin kali mas hehe
Reply Delete
Enis Sobanah
Ternyata Garam bisa meningkatkan resiko terkena osteoporosis.ihhhh jadi mengerikan nih,harus dikurangin nih kalau masak,garamnya,Terimakaish Om Anthonie untuk infonya,,,,
Anthonie E. Pratama
iya mbak kalau masak jangan banyak-banyak garamnya yah hehe...
Reply Delete
Dwi Alfina
alhamdulillah saya standar, suka yg PAS :) hehe

whu chi bi fan (klo gak salah tulisannya seperti itu) artinya yang berlebihan itu tidak baik :)
Anthonie E. Pratama
sip banget mbak whu chi bi fan hehe... bahasa mana itu mbak :)
Reply Delete
queenara putri
ini blog baru ya mas... yang dulu kemana?
Anthonie E. Pratama
iya mbak ini blog baru saya, yang lama masih ada cuma untuk sementara saya biarkan saja dulu hehe...
Reply Delete
queenara putri
padahal saya sangat suka makanan yang asin-asin..yang penting tidak terlalu berlebihan.
Anthonie E. Pratama
iya mbak sebaiknya memang dikurangi mengkonsumsi garamnya :)
Reply Delete
Syaifurrahman
Pokoknya yang berlebihan itu g baik deh mas Antonie hihihi, mending yang sedang-sedang saja.
Anthonie E. Pratama
betul mas Syaifurrahman lebih baik yang sedang-sedang saja :)
Reply Delete
Elsawati Dewi
kurang suka makan yang asin-asin mas, karena bawaannya bikin haus dan lapar terus :)
Anthonie E. Pratama
iya mbak Elsawati lebih bagus memang kalau sedikit mengkonsumsi garam :)
Reply Delete
Muroi El-Barezy
wah saya padahal suka asin-asin alias garam mas, kudu dikurangi yah..trims infonya
Anthonie E. Pratama
iya mas Muroi sebaiknya dikurangi konsumsi garamnya :)
Reply Delete
Purnomo Jr
banyak juga bahaya nya ya mas
dan kebetulan sy juga jurang suka sama yg asin2 :)
Anthonie E. Pratama
iya mas memang berbahaya kalau terlalu banyak mengkonsumsi garam terlalu banyak :)
Reply Delete
Alan Tirta
padahal saya suka sekali makanan yang asin2
Anthonie E. Pratama
kalau bisa agak dikurangi mas mengkonsumsi garamnya :)
Reply Delete
Wahyu Eka Prasetiyarini
sesuatu yang berlebihan memang tidak baik ya mas untuk kesehatan. Jadi ya sebaiknya makan garam secukup nya saja supaya kebutuhan garam untuk tubuh bisa tercukupi ;)
Anthonie E. Pratama
betul mbak kalau berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan :)
Reply Delete
Andre Kocak
Mantap Gan :D
keep posting ^_^

Kumpulan Cerita Dewasa
Anthonie E. Pratama
makasih kunjungannya mas :)
Reply Delete
irpan sah
wah berarti harus mulai mengurangi makanan yang asin-asin ya gan.. ternyata ga bagus buat kesehatan.. :)
Anthonie E. Pratama
betul mas Irpan lebih baik mengurangi mengkonsumsi garam :)
Reply Delete
Mawan Cradlez
banyak yah mas, oiya pada point kedua itu jika kurang makan garam bisa menyebabkan stroke, belum paham dengan kata-katanya :D
Anthonie E. Pratama
bisa diulangi lagi bacanya mas hehe...
kalau mengurangi garam akan lebih sedikit resiko terkena penyakit strokenya mas :)
Reply Delete
Ace Maxs
terimakasih banyak untuk artikel ini, informasi yang bermanfaat.

http://obattraditional.com/obat-tradisional-penyakit-tipes/
Reply Delete
Manfaat Buahan
Benar sekali, apa lagi yang ada di mie instan. Manfaatbuahan.com
Reply Delete

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel tapi dilarang...
1. Spam
2. Menaruh link aktif dalam komentar
3. Menitipkan url maaf akan dihapus juga
4. Dilarang berjualan disini

Makasih

Cancel Reply
GetID

Berlangganan Via E-mail

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Site Info


DMCA.com


SEO Reports for koesehat.blogspot.com
Copyright ©2013 Koe Sehat by Partner with Rahasia Hidup Sehat
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger