Tips dan informasi seputar masalah kesehatan, kecantikan, diet dan penyakit.

Penyebab sakit kepala dan tips cara mengatasinya

by Unknown , at 2:58 AM , have 56 comments
Penyebab sakit kepala dan tips cara mengatasinya
Sakit kepala
Penyebab sakit kepala bisa terjadi karena banyak faktor baik yang ringan maupun yang sangat berat dan sakit kepala ini bisa saja merupakan gejala awal dari penyakit tertentu jadi sebaiknya anda waspada dan berhati-hati jika terjadi sakit kepala yang berkepanjangan, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar segera diberi tindakan dan pengobatan.

Memang sakit yang tergolong ringan bisa disembuhkan dengan minum obat pereda sakit kepala yang banyak beredar di pasaran, tapi faktor prilaku juga bisa saja menjadi penyebabnya misalnya terlalu lama berhadapan dengan komputer, terlalu lama menunduk dan hal-hal lainnya sebaiknya cari tahu penyebab utama terjadinya sakit kepala agar dapat dengan mudah untuk solusi pengobatannya.

Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab sakit kepala diantaranya:


  • Leher dan kepala melakukan posisi yang tidak nyaman, jika anda terlalu lama menunduk akan membuat kepala dan leher tidak berada pada posisi yang nyaman misalnya anda menggunakan laptop atau komputer yang terlalu rendah dari kepala anda sehingga anda menjadi terlalu lama menunduk maka leher akan mengalami ketegangan sehingga dapat membuat anda menjadi sakit kepala.
  • Pundak menahan beban yang berat, saat anda menggunakan tas dengan beban yang berat serta menggunakan tali yang menekan pundak anda terlalu lama maka akan membuat pundak anda tertekan sehingga menimbulkan leher menjadi kaku dan akan menyebabkan sakit kepala.
  • Memasuki usia lanjut, saat anda sudah berumur cukup lanjut maka fungsi organ akan menjadi semakin berkurang apalagi kurangnya bergerak atau melakukan olahraga sehingga membuat orang yang sudah berusia lanjut akan sering mengalami sakit kepala. 
  • Kafein, jika anda terlalu banyak mengkonsumsi kafein misalnya anda mengkonsumsi kopi terlalu banyak maka akan beresiko mengalami gangguan sakit kepala oleh karena itu jika anda mengalami sakit kepala karena terlalu berlebihan minum kopi sebaiknya anda menguranginya.
  • Mengalami sakit gigi, saat gigi anda mengalami gangguan misalnya gigi berlubang atau gangguan lainnya sehingga gigi anda terasa sakit maka gangguan pada gigi tersebut dapat membuat sakit kepala juga karena saraf di bagian kepala terhubung dengan saraf di bagian gigi anda.
  • Mengalami stres, jika anda sedang mengalami rasa takut, kuatir, semas, depresi atau stres yang cukup berat dan berkepanjangan maka keadaan ini dapat memicu terjadinya gangguan sakit kepala karena adanya tekanan pada saraf otak.
  • Mengalami anemia, jika anda mengalami keadaan dimana jumlah sel darah merah di dalam tubuh menjadi berkurang atau yang biasa disebut kurang darah atau anemia maka asupan oksigen ke otak akan juga akan berkurang dan biasanya akan mengalami rasa ngantuk, pusing serta rasa sakit di kepala.
  • Kolesterol tinggi, saat tubuh mengalami kadar gula darah, trigliserida dan kadar kolesterol  yang cukup tinggi maka keadaan ini juga dapat membuat timbulnya rasa sakit di kepala karena terhambatnya aliran darah di dalam tubuh.
  • Mengalami sakit jantung, jantung berfungsi untuk memompa aliran darah ke seluruh tubuh dan jika fungsi kerja jantung terganggu maka dapat membuat aliran darah ke seluruh tubuh akan menjadi terganggu sehingga memicu terjadinya sakit kepala.
  • Gejala penyakit stroke, untuk anda yang sering mengalami sakit kepala berkepanjangan sebaiknya berhati-hati karena bisa saja sakit kepala tersebut merupakan gejala awal terjadinya penyakit stroke.
  • Gejala tumor otak, ini juga salah satu gejala awal yang sangat berbahaya karena sakit kepala yang berkepanjangan dapat juga merupakan tanda awal terjadinya penyakit tumor pada otak jadi sebaiknya anda selalu waspada 


Tips untuk mengatasi sakit kepala dengan cara alami:


  • Buat pikiran lebih rileks, lakukan meditasi ringan selama beberapa menit dengan cara memejamkan mata sambil menarik nafas dan mengeluarkannya secara perlahan-lahan dan lakukan beberapa kali sampai pikiran menjadi lebih tenang dan rileks.
  • Tidur cukup setiap hari, atur waktu tidur anda usahakan untuk tidur tidak terlalu larut dan sebaiknya jumlah waktu tidur anda sekitar 8 jam setiap harinya, dengan tidur cukup dan berkualitas dapat menghindari anda dari gangguan sakit kepala.
  • Rutin berolahraga, dengan melakukan aktifitas berolahraga setiap hari misalnya melakukan aerobik atau gerakan yang dapat meregangkan otot-otot membuat tubuh menjadi sehat dan bugar selain itu dengan berolahraga dapat memperlancar peredaran darah.
  • Melakukan pijatan ringan, anda bisa ambil waktu beberapa menit untuk melakukan pijatan ringan terutama pada bagian sekitar leher, bahu, pelipis dan kepala agar peredaran darah menjadi lebih lancar.  
  • Banyak minum air putih, dengan banyak minum air putih setiap hari seperti yang direkomendasikan sekitar 8 gelas setiap hari sangat baik untuk membuat organ tubuh menjadi lebih sehat karena dengan minum air asupan oksigen ke otak dapat tercukupi.
  • Mengkompres dengan es batu, bila anda terlalu tegang atau mengalami stres anda bisa mencoba dengan mengkompres sekitar leher, kepala dan bahu dengan es batu yang sudah dibungkus dengan kain agar rasa sakit di kepala  menjadi berkurang.
  • Menghindari radiasi pada mata, jika anda terlalu lama bekerja di depan layar komputer atau keseringan nonton TV terlalu dekat membuat mata anda cepat lelah selain itu sinar radiasi dari TV atau komputer dapat membuat kepala menjadi sakit karena itu sebaiknya gunakan screen anti sinar radiasi untuk mengurangi radiasi yang dapat menggganggu kesehatan mata anda.


Itulah artikel mengenai Penyebab sakit kepala dan tips cara mengatasinya agar saat terjadi sakit kepala anda bisa segera mengambil tindakan agar sakit kepala tidak mengganggu aktifitas anda berlarut-larut, biasakan juga untuk melakukan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari agar anda tetap sehat dan terhindar dari gangguan sakit kepala.
semoga bermanfaat.

Simak juga artikel sebelumnya: Manfaat mengkonsumsi coklat untuk kesehatan

Terima kasih telah membaca Artikel Penyebab sakit kepala dan tips cara mengatasinya . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link Penyebab sakit kepala dan tips cara mengatasinya sebagai sumbernya.
Penyebab sakit kepala dan tips cara mengatasinya
Penyebab sakit kepala dan tips cara mengatasinya - written by Unknown , published at 2:58 AM, categorized as Penyakit , Tips Kesehatan . And have 56 comments






56 comments Add a comment
Aldino Sya
sakit kepla, dulunya seperti teman sj bagi ane Mas Anthonie..!, sedikit2 sakit, sedikit2 sakit kepala, sampai2 ane sempat berpikir apakah ini gejala kanker otak.., benar mas,..merilekskan pikiran trmasuk salah satu cara yg baik tuk atasi sakit kepala, klw ane trkena lg,.ane tdk mw biasakan dg minum obat,..yaa itu td cukup rilekskan pikiran sj..:):)
Unknown
memang mas faktor pikiran dan stres bisa membuat kita sakit kepala jadi merilekskan pikiran memang penting :)
Reply Delete
Wahyu Eka Prasetiyarini
sakit kepala bikin semua badan nggak enak ya mas. Jadi harus dicoba nih tips nya agar bisa lekas sembuh dari sakit kepala ;)
Unknown
iya mbak kalau sakit kepala bikin badan tidak enak dan aktifitas kita juga terganggu.
Reply Delete
Unknown
kalau lagi bokek pasti sakit kepala terus mas bawaannya :D
Unknown
kalau yang satu itu memang susah dihindari mbak hehe...
Reply Delete
Anonymous
wah mantap infonya.. saya sering mengalami skit kepala :D
Unknown
boleh dicoba tipsnya di atas mas :)
Reply Delete
Anonymous
sya jaarang sakit kepala. dan saya menghindari kopi. karena itu penyebabnya sob
Unknown
kalau sumbernya dari kopi sebaiknya memang dihindari mas :)
Reply Delete
Unknown
Saya sering sekali Terkena sakit kepala Mas Anthonie, jika habis kehujanan
Tapi kadang jika pikiran pusing, kena juga sakit kepala saya Mas, dan pada
Artikel ini ada tipsmengatasinya. saya coba Mas makasih atas tips nya :)
Unknown
iya mas Karysta silahkan dicoba tipsnya di atas semoga bermanfaat :)
Reply Delete
dedetea66
wah saya yakin berarti yang membuat kepala saya sakit adalah Kafein,soalnya sehari bisa tiga kali ngopi,berarti harus dikurangin nih Mas hehe,Terimakaish mas Anthonie untuk artikelnya...
Unknown
iya kang kafein bisa saja menjadi penyebab sakit kepala.
Reply Delete
Claresta
bahaya juga ya mas ternyata sakit kepala juga bisa disebabkan krn adanya gejala tumor otak :(

ngeblog yg trs menerus tanpa istirahat juga bisa bikin sakit kepala ya mas, hehehe :D makasih sharingnya :)
Unknown
iya mbak indri, sebaiknya jangan terlalu lama fokus pada layar komputer sebaiknya sekali-kali beristirahat sebentar agar tidak sakit kepala.
Reply Delete
baho-punya.blogspot.com
sakit pada kepala ternyata tidak boleh di anggap remeh yaa mas, resikonya sangat berbahaya sekali. thanks mas sudah berbagi :)
Unknown
iya mas Ferdon jika sering mengalami sakit kepala sebaiknya waspada dan segera memeriksakan ke dokter untuk berjaga-jaga.
Reply Delete
Rdk
saya sering sakit pinggang mas, gara2 didepan komputer terus, apa ya kira2 obatnya...
Unknown
harus banyak olahraga mas biar uratnya tidak kaku karena terlalu lama di depan komputer.
Reply Delete
Admin
Paling takut Mas kalo sakit kepala, soalnya semua organ penting adanya di kepala, hehee..
Unknown
iya betul mas Gunawan karena kepala adalah salah satu organ tubuh yang sangat vital.
Reply Delete
Unknown
wah ngeri jigak yaa.. bisa kena stroke :(
Unknown
iya mas sebaiknya berhati-hati jika mengalami sakit kepala berkepanjangan.
Reply Delete
Staff Administrator
membissakan pikiran jgn sering stress bisa utk terhindar dari penyebab sakit kepala ys mas :)
Unknown
iya betul mas stres memang bisa menimbulkan sakit kepala.
Reply Delete
Unknown
Bisa di jadikan solusi nih apabila sakit kepala itu satu saat menyeang kita
Unknown
betul mas Ahmad silahkan dicoba jika suatu saat mengalami sakit kepala.
Reply Delete
Dwi
makasih mas udh share cara mengatasinya :)
Unknown
iya mbak Dwi semoga bermnafaat :)
Reply Delete
Masnady
Wah terimakasih tipsnya mas anthon.. Kebetulan kalau yang namamya sakit kepala, paling sering saya alami mas. Boleh deh tipsnya ntr saya praktekin..
Unknown
wah kalau sering sakit kepala lebih baik diperiksakan ke dokter mas untuk berjaga-jaga.
Reply Delete
Unknown
kalau sakit kepala biasanya pada musim panas, saya juga gitu kalau sakit kepala itu terjadi adalah musim panas, apalagi kerja menumpuk. terima kasih tipsnya mas.
Unknown
iya mas kalau kerjaan menumpuk apalagi kalau cuaca panas bisa bikin sakit kepala.
Staff Administrator
jgn sampe telat makan juga ya mass :)
Unknown
iya mas Bud sebaiknya jangan sampai telat makan :)
Reply Delete
Unknown
Dengan mengikuti Tips nya Mas Anthonie tentang sakit kepala
Pasti bermanfaat, jika suatu saat terkena sakit kepala saya makasih Mas :)
Unknown
iya mas siapa tahu nanti bisa bermanfaat silah dicoba tipsnya :)
Reply Delete
Unknown
Maaf nih Mas Anthonie, sedikit nyimpang dengan topik bahasan artikel
Tombol replay komentar Mas gak bekerja untuk pengunjung, sengaja
Atau ada kesalahan scripts ya Mas? maaf jika saya lancang :)
Unknown
mungkin ada salah script mas, udah saya otak-atik semoga udah bisa lagi, makasih pemberitahuannya mas Karysta :)
Reply Delete
Hariyanto Wijoyo
salah satu cara yg sering saya lakukan untuk menghindari sakit kepala adalah minum air putih dan berusaha se-rileks mungkin.....
keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)
Unknown
wah bagus mas Har memang kalau pikiran bisa rileks kepala juga jadi enteng yah mas :)
Reply Delete
Rdk
sayaa sering sakit kepala mas apalagi kalau kehujanan ...
terima kasih infonya y mas...
Unknown
biasanya kalau habis kehujanan memang suka sakit kepala mas, sebaiknya segera keramas kalau habis kena air hujan kepalanya.
Reply Delete
Nove Hasanah
untungnya saya gak mudah sakit kepala. tapi tips dan cara mengatasi sakit kepala ini tentu sangat bermanfaat.
Unknown
iya mbak Nove, bisa dicoba kalau sewaktu-waktu ngalamin sakit kepala :)
Reply Delete
Unknown
Menurut saya sih refresing saja :)
Unknown
iya mas refresing bagus juga untuk mengatasi sakit kepala akibat stres :)
Reply Delete
wongcrewchild
tipsnya yg mesti dipraktekin, spya terhindar dari sakit kepala
Unknown
iya betul mas silahkan dipraktekkin semoga bermanfaat :)
Reply Delete
Indra Kusuma Sejati
Sakit kepala itu paling tidak enak ya mas, tapi biasanya penyakit ini datang pada saat akhir bulan Mas, kalau keuangan sudah menipis. he,, he,, he,,

Salam
Unknown
biasa itu sih mas Indra, saya juga ngalamin juga hehe...
Reply Delete
Wahyu Eka Prasetiyarini
sakit kepala biasa nya karena terlalu berat pikiran nya, bisa juga karena nggak punya uang dan banyak hutang hehehe :D jadi tergantung penyebab nya mas untuk obati sakit kepala :D
Unknown
wah kalau itu susah juga yah mbak hehe...
Reply Delete
Unknown
informasi nya bermanfaat gan.
ane jga praktekin yg tutup mata tarik nafas.
membantu sekali mungkin ane lgi stress :-) kebanyakan uang :-v
Reply Delete
Yose Suparto
BROKER TERPERCAYA
TRADING ONLINE INDONESIA
PILIHAN TRADER #1
- Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
- Sistem Edukasi Professional
- Trading di peralatan apa pun
- Ada banyak alat analisis
- Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
- Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!
Reply Delete

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel tapi dilarang...
1. Spam
2. Menaruh link aktif dalam komentar
3. Menitipkan url maaf akan dihapus juga
4. Dilarang berjualan disini

Makasih

Cancel Reply
GetID

Berlangganan Via E-mail

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Site Info


DMCA.com


SEO Reports for koesehat.blogspot.com
Copyright ©2013 Koe Sehat by Partner with Rahasia Hidup Sehat
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger